Suara Karya

Cegah Stunting, Bulog Siap Distribusikan Beras Fortifikasi

suarakarya.co.id/Dok Humas Bulog

JAKARTA (Suara Karya): Perum Bulog menyediakan beras bervitamin (fortifikasi) untuk mencegah Stunting dan Anemia. Hal ini diklaim sejalan dengan program pemerintah, agar Indonesia bebas dari Stunting dan Anemia.

Wakil Direktur Utama Perum Bulog Gatot Trihargo, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya siap bekerja sama dengan semua pihak, baik yang memiliki tujuan sama untuk peyediaan tambahan gizi bagi masyarakat, maupun dengan konsumen di setiap lini untuk penyediaan pangan sehat bergizi.

Dikatakan Gatot, bBeras fortifikasi diharapkan dapat menjadi jembatan integrasi kebijakan antar program pemerintah sehingga dapat mengurangi serta menangani prevalensi Stunting dan Anemia di Indonesia melalui integrasi dengan program BPNT, pengelolaan CBP serta program pangan lainnya.

“Dengan integrasi kebijakan, diharapkan dapat menghasilkan SDM berkualitas dan mampu menjadi motor penggerak pembangunan bangsa yang kreatif, produktif dan berdaya saing tinggi,”” kata Gatot di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Lebih jauh Gatot mengatakan, fortifikasi pangan di Indonesia bukan hal yang baru. Pada tahun 1986, Pemerintah melalui Kemenkes telah berhasil mengatasi masalah penyakit gondok melalui kebijakan yang mewajibkan fortifikasi garam dengan Iodium.

Pada tahun 2003, Pemerintah juga telah mewajibkan fortifikasi tepung terigu dengan enam jenis vitamin dan mineral. Fortifikasi minyak goreng dengan Vitamin A juga sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu dan sedang dalam proses untuk diwajibkan.

“Untuk mendukung program pemerintah dalam intervensi gizi sensitif melalui peningkatan akses pangan bergizi, kami telah berinovasi dengan menyiapkan beras fortifikasi yang salah satunya dapat disalurkan kepada masyarakat berpendapatan rendah. Harapannya, dapat semakin berdaya ungkit untuk percepatan perbaikan gizi masyarakat,”” ungkap Gatot.

Diketahui, beras fortifikasi atau beras bervitamin yang akan disalurkan oleh Bulog merupakan beras sehat yang diperkaya dengan beberapa mikronutrien seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, vitamin B12, zat besi dan seng (Zn). (Indra DH)

Related posts