Cerita Leni, Warga Kampung Melayu Rumahnya Tak Bocor Lagi Berkat Program Bedah Kawasan Baznas (Bazis) DKI Jakarta

0

JAKARTA (Suara Karya): Leni, warga Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, mengaku bersyukur menjadi salah satu penerima manfaat program bedah kawasan yang dilaksanakan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta.

Perempuan berusia 35 tahun itu mengungkapkan berkat program bedah kawasan Baznas Bazis DKI Jakarta itu, kini rumahnya tidak lagi bocor ketika hujan turun.

Ia mengungkapkan rumahnya dulu sangat tidak layak huni. Ketika terjadi hujan, air dengan mudah masuk ke dalam rumah melalui genteng yang bocor. Selain itu, beberapa dinding rumah juga sudah lapuk.

“Alhamdulillah sekarang sudah gak bocor-bocor lagi. Kalau dulu pada bocor semua di sini,” kata Leni saat ditemui di rumahnya pada Senin (14/06/2021).

Leni yang setiap harinya berjualan kue di Pasar Senen menceritakan di rumah kecilnya itu, tinggal bersama empat keluarga yang total penghuninya mencapai 18 orang.

Selain Leni, penghuni rumah itu adalah keluarga dari kakak laki-laki, keluarga kakak perempuan, dan keluarga adiknya. Empat keluarga itu dipisahkan oleh kamar-kamar yang berada di lantai dua dan tiga.

“Jadi pengaturannya ya kita bikin sekat-sekat bentuk kamar. Di sini kan ada ibu saya, di atas itu ada kamar saya, mpok, dan adik. Sedangkan di lantai tiga ada kakak laki-laki saya,” ungkap Leni.

Kini, menurut cerita Leni, rumahnya lebih nyaman setelah ada program bedah kawasan dari Baznas Bazis DKI Jakarta. Rumah itu kini tidak lagi bocor. Selain itu, kawasan di sekitar rumahnya jadi lebih baik.

“Terim kasih atas program dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta. Alhamdulillah rumahnya sudah lebih baik, tidak bocor-bocor lagi,” kata Leni.

Renovasi 42 Rumah

Seperti diketahui, Baznas Bazis DKI Jakarta telah merenovasi 42 rumah di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, melalui program bedah kawasan.
Program itu dilaksanakan di wilayah RT 10, 11, dan 13, RW 04 dan 05 dengan jumlah rumah yang dibedah secara total sebanyak 18 dan 24 rumah lainnya dibedah tampak muka.

Bedah kawasan ini merupakan kelanjutan dari program bedah rumah yang setiap tahun diadakan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta.

Dari pantauan di lapangan, proses pembangunan sudah memasuki tahap akhir. Bahkan sebagian rumah sudah ditempati oleh penghuninya. (Pramuji)