Dampak Covid-19, Rekrutmen CPNS Tahun 2020 Ditiadakan

0
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.(suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah meniadakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020. Kemungkinan penerimaan CPNS baru akan dibuka pagi pada 2021.

“Tak ada penerimaan CPNS tahun ini, karena proses penerimaan CPNS tahun 2019 hingga kini belum selesai, akibat terdampak pandemi corona virus disease (covid-19),” kata Tjahjo Kumolo dalam siaran pers, Rabu (8/7/20).

Dijelaskan, proses penerimaan CPNS 2019 saat ini baru masuk tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Seleksi itu ditunda dari rencana awal pada Maret-April 2020 menjadi September-Oktober 2020, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kementerian PANRB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Nasional Covid-19 dan Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan SKB pada September-Oktober mendatang,” ucapnya.

Tjahjo menilai koordinasi dengan Gugus Tugas Nasional menjadi penting, karena proses seleksi SKB akan melibatkan banyak orang. Untuk itu, dibutuhkan prosedur pelaksanaan SKB yang menerapkan protokol kesehatan secara benar.

Tjahjo kembali menambahkan, rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) kemungkinan akan digelar pada 2021. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan dari masing-masing instansi pemerintah.

“Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi covid-19. (Tri Wahyuni)