Dapat PKM UNJ, Warga Karang Tengah Terapkan Hidup Sehat

0

JAKARTA (Suara Karya) : Mendapat arahan dan latihan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) para dosen dan mahasiswa UNJ, membuat warga desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor semakin rajin berolahraga serta menerapkan pola hidup sehat.

Dalam kegiatan PMK, para dosen dan mahasiswa Program studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta (FIO UNJ) bekerjasama dengan aparatur desa Karang Tengah.

PKM yang diselenggarakan selama dua hari itu (28-29 September 2020) meliputi beberapa kegiatan yaitu materi Penyuluhan, Pelatihan, pemeriksaan kesehatan, dan pengukuran kebugaran jasmani.

Pada hari pertama peserta diberikan beberapa materi penyuluhan diantaranya penyuluhan “Pola Hidup Sehat Masyarakat” yang dibawakan oleh Dr. Ir. Fatah Nurdin, MM., “Upaya Meningkatkan derajat kesehatan untuk mengurangi resiko stunting dengan sosialisasi pengembangan gizi seimbang anak balita dan ibu hamil” yang dibawakan drg. Marlinda Budiningsih, M.Pd (Anggota M. Arif, M.Pd).Sementara materi “Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat” diberikan Dr. Aan Wasan, M.Si.

Setelah kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan antara lain “Pelatihan Massage dalam masa Covid-19” yang digelar Dr. Sri Nuraini, M.Pd (Anggota M. Ilham, M.Pd, dan Dr. Aan Wasan, M.Si), serta pelatihan “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi” yang dibawakan Dr. Heni Widyaningsih, M.SE.

Sedang hari kedua dilaksanakan beberapa kegiatan pemeriksaan kesehatan, pengukuran kebugaran jasmani, dan ditutup dengan materi penutup. Pada rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan tubuh antara lain “Pemeriksaan Kadar Gula Darah Sewaktu serta Edukasi sebagai Pencegahan dan Deteksi Dini Diabetes Melitus” yang dibawakan dr. Wahyuningsih Djaali, M.Biomed (Anggota dr. Bazzar Ari Mighra, Sp.N).

“Pengukuran Kepadatan Tulang dan Kadar Protein” yang dipandu oleh Muhamad Ilham, M.Pd., “Pengukuran Body Mass Index (BMI) dan Massa Otot” yang dipandu oleh Nadya Dwi Oktafiranda, S.Or., M.Pd., “Pengukuran Prosentase Lemak Tubuh dan Lemak Visceral” yang dipandu oleh Dr. Yasep Setiakarnawijaya, SKM., M.Kes, dan “Pemeriksaan Kebugaran Jasmani Masyarakat” yang dipandu oleh Kuswahyudi, S.Or., M.Pd., AIFO.

Selanjutnya kegiatan PKM ditutup dengan materi “Peningkatan Pengetahuan tentang Penyakit Degeneratif dan Hubungannya dengan Kebutuhan Gizi” yang dibawakan oleh dr. Bazzar Ari Mighra, Sp.N., dan “Metode Latihan untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Masyarakat” yang dibawakan oleh Yuliasih, S.Or., M.Pd. (anggota Kuswahyudi, S.Or., M.Pd., AIFO).

Kegiatan PKM dilaksanakan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, memakai masker dan faceshield, dan kursi berjarak 1 meter diantara setiap peserta. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini, dan berharap bisa dilaksanakan kembali pada tahun depan.

“Kami akan berkordinasi dengan pihak aparatur desa mengenai materi-materi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, agar kegiatan bisa tepat sasaran dan memberikan dampak positif untuk para warga sehingga diharapkan desa Karang Tengah dapat menjadi desa binaan FIO UNJ kedepannya” ujar Dr. Yasep, selaku Koordinator Prodi Ilmu Keolahragaan FIO UNJ melalui rilisnya. (Warso)