Demi SDM Unggul dan Cerdas, STP Trisakti Kini Miliki ‘BI Corner’

0

JAKARTA (Suara Karya): Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti mendapat hibah dari Bank Indonesia dalam bentuk fasilitas pojok baca yang disebut ‘BI Corner’. Tersedia beragam koleksi tercetak, audio visual, dan elektronik.

“Semoga BI Corner di kampus STP Trisakti bisa membuka wawasan mahasiswa tentang kebanksentralan di Indonesia,” kata Asisten Direktur Departemen Komunikasi BI, Aries Permadi saat membuka secara resmi BI Corner di kampus STP Trisakti Tanah Kusir Jakarta, Rabu (18/1/23).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, Koordinator Peningkatan Mutu SDM dan Riset, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta, Sri Mastuti, dan Rektor Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti, Tjuk Sukardiman.

Aries menyebut bantuan hibah BI Corner telah diberikan kepada 1.128 perguruan tinggi dan 324 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam bentuk pondok baca di seluruh Indonesia.

“Ke depan, hibah ini juga akan menyasar pendidikan dasar dan menengah dalam bentuk pondok baca. Ragam buku akan disesuaikan dengan usia,” ujarnya.

Dijelaskan, BI Corner merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang bertujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan cerdas lewat kegiatan membaca, baik secara fisik maupun digital.

“Meski sekarang era digital, buku fisik tetap disediakan karena cukup banyak mahasiswa yang masih suka membaca buku fisik. Namun, kami juga siapkan akses untuk buku digital di BI Corner,” tuturnya.

Koleksi buku BI Corner di STP Trisakti memiliki beragam subyek mulai dari perbankan, ekonomi, keuangan, perpajakan, bahasa Inggris sampai kepada bahan bacaan ringan (buku fiksi).

BI Corner juga dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti komputer, sofa, televisi dan sebagainya. Koleksi BI Corner akan ditingkatkan melalui hibah Pengkinian Buku setiap tahun, yang dananya bersumber anggaran pengadaan dari PSBI.

Ditanya kriteria perguruan tinggi calon penerima BI Corner, Aries menjelaskan, setiap perguruan tinggi dapat mengajukan proposal, asalkan memiliki jumlah mahasiswa yang besar. Sehingga hibah bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati menyampaikan apresiasi atas hibah ‘BI Corner’ di kampusnya. Koleksi yang tersedia akan membantu mahasiswa jika ingin memperdalam keilmuannya dalam ekonomi, kebanksentralan dan bidang lainnya.

“Semoga BI Corner dapat membuka wawasan mahasiswa kami diluar bidang pariwisata dan perhotelan. Sehingga menjadi SDM yang tak saja cerdas, tetapi juga unggul,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah III DKI Jakarta, Paristiyanti Nurwardani dalam sambutannya yang dibacakan Sri Mastuti berharap, BI Corner dapat mendorong terciptanya SDM unggul dan berkualitas di perguruan tinggi.

“Semoga makin banyak perguruan tinggi di DKI Jakarta yang mendapat hibah BI Corner untuk peningkatan kualitas lulusan,” kata Paristiyanti menandaskan. (Tri Wahyuni)