Demi SDM Unggul, SWA Perkenalkan Program BEST Pathways Sejak Dini

0

JAKARTA (Suara Karya): Sinarmas World Academy (SWA) membawa warna yang berbeda dalam proses pembelajaran bagi siswanya, melalui program BEST Pathways. Program tersebut fokus pada 4 jalur akademis, yaitu bisnis, sains dan teknologi, ‘engineering’, dan seni.

Hal itu dikemukakan General Manager Sinarmas World Academy, Deddy Djaja Ria dalam sesi orientasi dengan para orang tua siswa di kampus Sinarmas World Academy, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (5/8/22).

Sebagai informasi, BEST Pathways merupakan program yang dirancang khusus oleh SWA untuk mendukung setiap siswa mendapat ilmu dan mengembangkan kemampuan sesuai minat dan bakatnya. Dengan demikian, lulusan tak hanya berhasil dari segi akademis, tapi juga memberi banyak pengalaman untuk jenjang karir di masa depan.

“Lewat BEST Pathways, SWA memberi dukungan kepada anak mendapat pengalaman belajar yang sesuai dengan bidang yang dipilihnya,” ujar Deddy.

Program tersebut dirancang secara cermat dengan memperhatikan banyak aspek pembelajaran dan tumbuh kembang anak. Program diintegrasikan secara bertahap dengan menggunakan pendekatan yang berbeda antar tingkat usia.

Deddy mencontohkan, pendekatan dengan kurikulum ‘Early Years Foundation Stage’ dimana kurikulum pembelajaran berbasis permainan. Di tahap ini, setiap anak mendapat kesempatan yang sama untuk mencoba berbagai macam kegiatan yang dihadirkan di dalam kelas.

“Kegiatan dimulai dari pengenalan literasi dan angka, seperti menjelajah di alam terbuka, hingga pemanfaatan kecanggihan teknologi untuk berkarya. Di tahap ini SWA mendorong setiap anak untuk terlibat dalam seluruh aktivitas sembari mencari hal yang menjadi minat dan bakatnya,” ucapnya.

Di tahap sekolah dasar, program akan diterapkan dengan cara menganalisa perkembangan setiap siswa untuk kemudian menjadi basis data. Data tersebut digunakan tim akademis dalam memberi dukungan tambahan sesuai kebutuhan masing-masing siswa.

Dukungan lain berupa tambahan mata pelajaran akhir atau disebut ‘9th Period’ diberikan setiap hari. Materi bisa dipilih setiap siswa secara berbeda sesuai kebutuhan atau kemahirannya.

“Di masa 9th Period’, sekolah akan memberi rekomendasi kepada orang tentang mata pelajaran terbaik yang sesuai untuk anaknya. Misalkan, anak memiliki kekurangan pada bahasa Inggris, maka sekolah menganjurkan untuk mengambil mata pelajaran bahasa Inggris sebagai tambahan,” ujarnya.

Sejak sekolah dasar, anak didorong jiwa kompetitif anak secara rutin melalui kegiatan proyek dan kompetisi baik di dalam maupun luar sekolah.

Penerapan program BEST Pathways mulai terlihat semakin terstruktur saat anak masuk rentang usia sekolah menengah pertama dan menengah atas. Setiap siswa diperkenalkan secara detail 4 jalur akademis. Setiap jalur akademis membutuhkan kombinasi mata pelajaran dan arahan yang berbeda.

SWA menyediakan konselor khusus agar setiap siswa bisa memilih mata pelajaran, ekstrakulikuler, hingga sertifikasi di luar sekolah yang sesuai minat bakatnya.

Deddy menambahkan, proses pemilihan pelajaran melibatkan orangtua siswa. Hal itu untuk menciptakan komunikasi yang baik antar sekolah, orang tua, dan anak. Konselor juga membantu siswa mempersiapkan profil akademis masuk ke perguruan tinggi. BEST Pathways merupakan program yang terus bertumbuh dan berevolusi dari waktu ke waktu.

Untuk itu, SWA akan menggelar Open House perdana untuk tahun ajaran 2022/23 di kampus Sinarmas World Academy, Serpong Tangerang Selatan pada Sabtu (20/8/22). Acara tersebut menghadirkan kepala sekolah dan tim akademis yang akan menjelaskan program BEST Pathways. Tersedia WhatsApp Sinarmas World Academy di nomor 08897308 8773. (Tri Wahyuni)