Dharma Pertiwi Gandeng Kemdikbud Tingkatkan Kualitas Guru Sekolah DP

0

JAKARTA (Suara Karya): Persatuan istri prajurit Tentara Nasional Indonesia, Dharma Pertiwi (DP) menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk peningkatan kualitas guru di ratusan sekolah di bawah naungan Dharma Pertiwi.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanik Hadi Tjahjanto dengan Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Didik Suhardi di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Jawa Barat, Senin (24/6/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemdikbud, Gogot Suharwoto.

Nanik menjelaskan, kerja sama itu berupa pelatihan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) oleh Pustekkom Kemdikbud. Pelatihan bagi sekitar 350 guru dan kepala sekolah di lingkungan Dharma Pertiwi itu diharapkan memberi pencerahan bagi guru lainnya.

“Pelatihan ini semacam training of trainer yang diharapkan memberi pencerahan bagi guru lain. Sehingga makin banyak guru berkualitas di lingkungan sekolah Dharma Pertiwi,” tuturnya.

Dipilihnya Pustekkom Kemdikbud sebagai mitra, Nanik menambahkan, karena institusi itu memiliki konten-konten pembelajaran dengan memanfaatkan TIK. Bahkan, konten pembelajaran terbilang lengkap untuk semua tingkat mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

“Sekolah dibawah naungan Dharma Pertiwi ada dari tingkat SD hingga SMA, jadi mereka tinggal memanfaatkan konten pembelajaran yang dikembangkan Pustekkom. Jadi tak perlu lirik institusi lain, karena konten yang ada sudah menjangkau semua tingkatan,” ucap Nanik menandaskan.

Kepala Pustekkom Kemdikbud, Gogot Suharwoto menjelaskan, pihaknya mengembangkan portal rumah belajar yang isinya lengkap mulai dari bahan sumber belajar, buku sekolah elektronik, kelas maya, laboratorium maya, TV Edukasi dan suara edukasi yang menyajikan pembelajaran berbasis audio.

“Peserta pelatihan juga kami ajarkan pembuatan konten video pembelajaran sederhana,” ujarnya.

Gogot mengaku senang Pustekkom Kemdikbud dijadikan mitra Dharma Pertiwi dalam peningkatan kualitas guru dan kepsek. Hal itu sejalan dengan Surat Edaran No 9 dan 10 Tahun 2018 yang ditujukan kepada setiap kepala daerah untuk memanfaatkan secara luas portal belajar daring (dalam jaringan/internet) yang telah disiapkan Kemdikbud.

Sebagai informasi, Dharma Pertiwi adalah organisasi yang membawahi 4 unsur yaitu Persit Kartika Chandra Kirana bagi persatuan istri TNI Angkatan Darat, Jalasenastri bagi para istri TNI Angkatan Laut, PIA Ardhya Garini bagi para istri TNI Angkatan Udara, Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI serta Pragati Wira Anggini bagi para istri yang suaminya berdinas di lingkungan Mabes TNI. (Tri Wahyuni)