Di Bangka Belitung Mencuat Wacana Pemilihan Online

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Setelah Pilkada 2020 resmi ditunda akibat ketidakpastian pandemi Covid-19, mencuat wacana pelaksanaannya digelar secara online menjadi bahasan masyarakat khususnya di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur Rizal menyatakan, nampaknya belum ada pemikiran dari pemerintah terutama KPU pusat untuk mewujudkan wacana tersebut.

“Kalau ke arah Pilkada secara online nampaknya belum ada, keputusan terbaru adalah terbitnya Perppu oleh presiden yang intinya hanya memutuskan bahwa pelaksanaan Pilkada tahun ini akan dilaksanakan Desember nanti,” kata Rizal pada RRI, Rabu (6/5/2020).

Menurut Rizal, sekalipun perlu dijalankan Pilkada secara online, perubahan mekanismenya bukanlah jalan mudah, sebab harus melalui pembahasan panjang melibatkan semua pihak terkait Pemilu.

“Tentu kalau ada hal perubahan seperti itu ada mekanisme panjang yang mesti dibahas dan dilewati terutama karena ini menyangkut Undang-Undang Pemilu, bukan hanya KPU secara sepihak mengatur itu tapi harus diatur di UU Pemilu atau UU Pilkada,” terangnya.

Dipastikan, untuk saat ini KPU di seluruh daerah tetap akan mengacu pada keputusan Pemerintah RI dan KPU Pusat yang akan mengatur ulang jadwal Pilkada.

“Kalau kita sebagai pelaksana di daerah, terkait pelaksanaan Pilkada ini acuannya tetap pada ketetapan dari Pemerintah dan keputusan KPU RI yang nantinya akan dikeluarkan, kita tunggu saja dan saat ini mari fokus dalam upaya penanggulangan COVID-19 ini,” tandasnya. (Andara Yuni)