Di Wisuda UBL, Kepala LLDikti Wilayah III Ingatkan 6 Kompetensi di Dunia Kerja

0

JAKARTA (Suara Karya): Rektor Universitas Budi Luhur (UBL), Wendi Usino melantik 1.252 wisudawan, lulusan semester genap tahun akademik 2021/2022 dan 25 lulusan ASTRI Budi Luhur, di Jakarta, Kamis (13/10/22).

Hadir dalam pelantikan wisudawan tersebut, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani, sertanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia secara daring.

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani mengingatkan mengingatkan lulusan untuk meningkatkan 6 kompetensi agar dapat bersaing di dunia kerja. Enam kompetensi itu adalah kreativitas, kerja sama, kolaborasi, mampu memproses informasi secara kritis, mampu memecahkan masalah dan berempati.

“Tahun ini ada satu juta lulusan perguruan tinggi di Jakarta yang siap bersaing di dunia kerja. Dalam bersaing, kita tidak boleh biasa-biasa saja. Siapkan enam kompetensi itu agar bisa menjadi pemenang,” ujarnya.

Mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Sesdirjen Diktiristek), Kemdikbudristek itu menambahkan, persaingan dunia kerja saat ini makin ketat. Karena perekonomian nasional masih lesu akibat pandemi covid-19.

“Semoga kita semua bisa bertahan dan mampu mengatasi kondisi ini. Apalagi disebutkan tahun depan akan terjadi resesi ekonomi,” ujar Paris.

Hal senada dikemukakan Rektor UBL, Wendi Usino. Ia memberi pesan optimis kepada wisudawan untuk tidak takut menghadapi resesi. Jadikan ancaman resesi sebagai peluang dan tantangan untuk meningkatkan kompetensi diri setelah lulus.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBL, Arief Wibowo dalam orasi ilmiahnya menyebut, ribuan lulusan yang diwisuda tahun ini sebagai yang terbaik. Karena mereka dinilai mampu bertahan menuntut ilmu di tengah kerasnya gelombang pandemi covid-19.

“Kalian yang terbaik, karena mampu menyelesaikan perkuliahan hingga akhir, lalu berdiri tegak di ruangan ini sebagai ahli madya, sarjana dan magister UBL,” ujarnya.

Pada akhir acara, Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani memberi dua penghargaan kepada UBL atas prestasinya sebagai perguruan tinggi swasta dengan peserta MBKM terbanyak, dan Universitas Budi Luhur sebagai Ketua Forum Program Magang satu tahun di Belanda untuk bidang cyber security. (Tri Wahyuni)