Dibuka 7 Februari, SPAN UM PTKIN Paparkan Tata Cara Pengisian PDSS

0

JAKARTA (Suara Karya): Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN UM PTKIN) 2022 sudah dibuka sejak Senin (7/2/22).

“Tahap pengisian PDSS akan berlangsung hingga 28 Februari 2022. Pengisian dilakukan pihak satuan pendidikan, baik itu madrasah, sekolah atau pondok pesantren,” kata Ketua Panitia SPAN UM PTKIN Imam Taufiq dalam siaran pers, Selasa (8/2/21).

Iman Taufiq menjelaskan, pengisian PDSS menjadi salah satu syarat pendaftaran SPAN UM PTKIN. Untuk itu, satuan pendidikan diminta mengisi data pada rentang waktu yang tersedia. Jika telat, maka satuan pendidikan dianggap tidak berminat ikut proses seleksi.

“Siswa yang berhak ikut seleksi adalah mereka yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah masing-masing,” kata Imam Taufiq yang juga Rektor UIN Walisongo itu menegaskan.

Sebelum mengisi PDSS, lanjut Imam Taufiq, satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK dan sederajat harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi sekolah. Kode registrasi itu bisa dilihat pada akun Dapodik dan EMIS sekolah.

“Satuan Pendidikan atau Kepala Sekolah harus memiliki nomor WhatsApp (WA) dan email yang masih aktif agar mudah dihubungi,” ujarnya.

Bagi Pondok Pesantren Mu’adalah atau Pendidikan Formal Diniyah (PDF) atau Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) yang belum terdaftar di Dapodik atau belum memiliki NPSN, silakan lakukan permohonan NPSS terlebih dahulu ke panitia.

“Satuan pendidikan selanjutnya bisa registrasi sekolah pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/,” ujarnya.

Setelah registrasi berhasil, maka satuan pendidikan akan mendapat kiriman password melalui email Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah yang telah didaftarkan.

Setelah itu, satuan pendidikan dapat mengakses kembali laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Pilih menu login, lalu masukan NPSN dan password yang didapat dari email Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah.

Setelah login, satuan pendidikan mengunggah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas X semester 1, Kelas X semester 2, Kelas XI semester 1, Kelas XI semester 2 dan Kelas XII semester 1.

“Pendaftaran PDSS baru dinyatakan selesai, jika satuan pendidikan melakukan finalisasi pendaftaran PDSS,” ucap Imam Taufiq menandaskan. (Tri Wahyuni)