Dibuka Presiden, Menpora Berharap Kontingen Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games

0

JAKARTA (Suara Karya) : Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan, ASEAN Para Games XI di Solo 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 akan dibuka secara resmi Presiden RI Joko Widodo.

‘Untuk itu saya berharap ASEAN Para Games XI di Solo, Indonesia mampu meraih Dwi sukses yaitu prestasi dan sukses sebagai tuan rumah penyelenggara,”tegas Zainudin Amali di Jakarta, Selasa (28/6/2022.

Menurutnya, sukses prestasi dalam artian berhasil meraih juara umum dan sukses sebagai tuan rumah penyelenggara adalah mampu menjadi pelaksana yang baik, apapun kondisinya,”tegas Zainudin Amali di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Upaya memenuhi semua itu, para atlet para games Indonesia sudah melakukan latihan intensif terus menerus. Bahkan baru-baru ini para atlet tampil di paralimpik di Papua. Hal ini juga dapat dijadikan acuan dalam kondisi protokol kesehatan seandainya wabah covid-19 tiba-tiba melonjak.

“Saat menggelar PON XX di Papua kondisi covid masih melonjak. Namun Alhamdulillah semua berjalan lancar dan terhindar dengan kondisi wabah tersebut
Padahal orang yang hadir lebih dari 25 ribu “kata Menpora.

Upaya memenuhi semua itu, pihak panitia bekerja sama dengan protokol kesehatan, keamanan baik dari TNI maupun Kepolisian dan pemerintah walikota Solo dan Pengprov Jateng. “Semua peserta Asean Para Games bisa tampil dengan aman, begitu juga dengan kondisi kesehatan mereka,”kata Zainudin lagi.

Sementara Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menegaskan, sebagai tuan rumah sudah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan oleh atlet para games yang datang dari kawasan Asean. Bahkan protokol kesehatan akan dipantau mulai dari kedatangan, tempat penginapan hingga tampil dalam pertandingan.

“Saya mengharapkan kontingen Indonesia tampil dan meraih juara umum. Solo sudah dua kali menggelar ajang para games, sebelumnya tahun 2011 dan kini tahun 2022 menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri jadi tuan tumah,”katanya.

Sedang Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun optimis, kontingen para games Indonesia meraih juara umum. “Kami optimis dengan mengumpulkan 105 medali emas kontingen Indonesia berhasil meraih juara umum. Pesaing ketat sudah tentu datang dari Thailand yang akan menurunkan kekuatan penuh di Indonesia,”jelasnya. (Warso)