Dicari Relawan Mahasiswa Pantau KIP Kuliah Agar Tepat Sasaran

0
(Suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Staf Khusus Presiden RI Aminuddin Ma’ruf menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama meluncurkan program bernama #temanKIP. Upaya itu dilakukan agar program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang bernilai Rp4,1 triliun itu tepat sasaran.

“Kami bersinergi dengan pihak perguruan tinggi dalam #temanKIP. Karena program ini melibatkan ribuan mahasiswa sebagai relawan,” kata Aminuddin Ma’ruf dalam acara peluncuran #temanKIP di Jakarta, Senin (3/8/20).

Hadir dalam kesempatan itu, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud, Nizam, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud, Wikan Sakarinto, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali, Sekretaris Ditjen Dikti Paristiyanti Nurwardani, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Kemdikbud, Abdul Kahar dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag M Arskal Salim.

Amiruddin menyebutkan, sudah ada 300 kampus yang menyatakan siap bergabung dalam #temanKIP. Nantinya relawan akan berkoordinasi dengan tim yang ditunjuk Kemdikbud dan Kemenag di masing-masing kampus untuk pelaksanaan tugasnya.

“Mudah-mudahan upaya ini membawa nilai positif untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang dicanangkan Presiden bahwa tahun 2045 sebagai generasi emas Indonesia,” katanya.

Aminuddin menambahkan, Presiden Jokowi sebelumnya menyampaikan dalam pidatonya, meski di tengah pandemi tapi agenda strategis bangsa yakni pengembangan SDM jangan sampai dilupakan. KIP Kuliah merupakan afirmasi negara dalam bidang pendidikan.

Tugas relawan mahasiswa, lanjut Aminuddin, memastikan beasiswa KIP Kuliah memang dimanfaatkan mahasiwa yang pandai secara akademik dari keluarga kurang mampu. Selain itu, relawan juga memastikan mahasiswa lain tidak boleh drop out (DO) dengan alasan ekonomi keluarganya merosot akibat pandemi corona virus disease (covid-19).

“Relawan juga diminta untuk memantau sekaligus memberi informasi, pendampingan dan pengaduan terkait pelaksanaan KIP Kuliah.Meski bersifat sosial, relawan di #temanKIP bekerja secara terstruktur,” kata Amiruddin menegaskan.

Dirjen Dikti Nizam menyambut baik inisiasi program #temanKIP yang diprakarsai Staf Khusus Presiden RI Aminuddin Ma’ruf. Mengingat, alokasi dana untuk program KIP Kuliah bernilai sangat besar, yaitu Rp4,1 triliun. Dana tersebut akan disalurkan dalam berbagai skema.

Disebutkan, skema pertama dengan dana Rp1 triliun untuk bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Skema itu menargetkan 419.000 mahasiswa baik negeri maupun swasta. Skema kedua, dana Rp1,3 triliun untuk KIP Kuliah bagi mahasiswa reguler semester 1 tahun 2020. Skema tersebut ditargetkan 200.000 mahasiswa.

“Skema ketiga, dananya Rp1,8 triliun untuk beasiswa Bidikmisi on Going dan afirmasi perguruan tinggi. Skema tiga ini menyasar kepada 267.000 mahasiswa,” kata Nizam menandaskan. (Tri Wahyuni)