Digelar 12 April, Pahami 5 Langkah Sukses Ikuti UTBK SBMPTN 2021

0

JAKARTA (Suara Karya): Empat hari lagi, Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021 akan digelar.  Para peserta harus mempersiapkan diri  agar lancar saat mengikuti tes yang akan membawa peserta ke kampus pilihan.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam instagram resminya, Kamis (8/4/2021) menuliskan, persiapan yang optimal menjadi faktor penting dalam kesuksesan saat menjalani tes UTBK.

Disebutkan 5 langkah penting demi kesuksesan peserta saat mengikuti UTBK 2021. Pertama, pentingnya menjaga kesehatan. Karena itu, peserta disarankan untuk tinggal di rumah saja hingga masa ujian dimulai.

Kedua, peserta wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman PTN yang menjadi Pusat UTBK Pilihan. Karena ada beberapa Pusat UTBK yang tidak mengizinkan peserta melakukan cek lokasi secara langsung.

Ketiga, jika ingin melihat gedung lokasi ujian secara langsung pada H-1, peserta diminta patuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak.

Keempat, peserta diminta membuat perkiraan waktu tempuh dari rumah/penginapan/lokasi asal ke lokasi ujian. Perhatikan pula tingkat kemacetan perjalanan tersebut. Sehingga peserta tidak terlambat sampai lokasi.

LTMPT menjelaskan, jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 untuk Gelombang 1  dimulai 12 hingga 18 April 2021. Sedangkan gelombang 2 pada 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021.

Panitia memutuskan penambahan waktu ujian pada 3-4 Mei 2021, khusus di Pusat UTBK UI, UNJ dan UPN Veteran Jakarta sebanyak 4 sesi. Sedangkan Pusat UTBK Unsulbar pada 3 Mei 2021 sebanyak 2 sesi. (Tri Wahyuni)