Suara Karya

Diikuti 300 Pecatur Lebih, GM Utut Adianto: Ramadhan Cup Dapat Dijadikan Pemanasan Menuju Kualifikasi Kejuaraan Dunia Zona Asia 2023

JAKARTA (Suara Karya) : Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto bersyukur, kejuaraan Catur cepat JAPFA Ramadhan Cup 2023 diikuti 300 pecatur lebih datang dari 21 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Ramadhan Cup kali ini dapat dijadikan
ajang pemanasan peserta menuju kualifikasi Kejuaraan Dunia Zona Asia 2023 yang akan digelar di Hotel Century, Jakarta, 5-13 Mei mendatang, ” tegas Utut pada penutupan JAPFA Ramadan Cup di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (9/4/2023).

Utut melanjutkan, ajang kualifikasi yang bertajuk Asia Zone 3.3 Chess Championship 2023 merupakan peluang bagi para pecatur nasional mengejar prestasi puncak menuju kejuaraan Dunia.

“Para peserta yang datang dari 17 negara kawasan ASEAN hingga Mongolia akan berlaga dalam babak Kualifikasi tersebut. Pemenang dan runner-up putra, serta juara putri nantinya berhak mengikuti Kejuaraan Dunia,”tegas Utut lagi.

Menurutnya, Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan atlet terbaik yang tergabung pada skuad SEA Games 2021 di Vietnam, tahun lalu. Begitu juga juara nasional terakhir, plus dua pemain yang dinilai mampu bersaing dalam ajang nanti.

Utut melanjutkan, persaingan akan berat karena ada pecatur kelas dunia seperti dari Vietnam, Mongolia, Filipina. Jadi bila mendapat satu dari tiga tiket menuju Kejuaraan Dunia itu sudah sangat baik.

Untuk itu dalam mengasah prestasi para atletnya Utut memberikan pemanasan melalui JAPFA Ramadhan Cup 2023 yang digelar selama dua hari yakni Sabtu-Minggu.

Menurutnya Ramadhan Cup 2023 yang digelar melalui bekerja sama dengan JAPFA menjadi edisi ke-10. “Saya bersyukur JAPFA konsisten menggelar Ramadhan Cup. Hal itu dapat memper banyak menggelar turnamen. Dengan harapan melahirkan bibit bibit pecatur tangguh di Tanah Air,”jelas GM Utut.

Pada Ramadhan Cup 2023, juara untuk kategori open adalah IM Yoseph Theolifus Taher yang mengemas delapan poin. Dia mengalahkan FM Arief Abdul Hafiz yang juga mengantongi poin delapan. Yoseph menang solkoff.

Sementara Godwin Liem Bms, Sugeng Prasetyo, dan Ephisien Bts 207 berada di bawahnya dengan sama-sama mengemas 7,5 poin.

Untuk kategori U-16, pemenangnya adalah Agha Faiz Ramdhani yang mengemas 7,5 poin. Dia mengalahkan NM Claudio Lasama yang juga mengumpulkan jumlah poin yang sama.

Sedang kategori U-14 menjadi milik Fatih Winartha dengan 7,5 poin, mengalahkan Imanuel Martogi dan Gervasius Ludwig Setiawan yang juga meraih poin yang sama.

Adapun Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono mengapresiasi penyelenggaraan JAPFA Ramadan Cup 2023. “Ajang ini sangat luar biasa. Pada bulan Ramadan PB Percasi terus menggelar kompetisi yang diikuti ratusan atlet, ” tegasnya.

Menurutnya, ini merupakan kejuaraan yang luar biasa dalam mempersiapkan atlet junior, kelompok umur, dan senior. “Melalui kejuaraan Ramadhan cup dapat melahirkan atlet andalan Indonesia menuju pentas dunia,”tambah Surono saat menutup kejuaraan Catur Ramadhan Cup 2023. (Warso)

Related posts