Suara Karya

Diikuti Lebih 1.600 Peserta, Menpora: Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2023 Spektakuler

JAKARTA (Suara Karya) : Menpora Dito Ariotedjo memberikan apresiasi Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur 2023 diikuti lebih dari 1.600 peserta.

“Dengan peserta mencapai 1.600 peserta lebih dari delapan kategori yang terdiri dari TK Putra/Putri, SD Putra/Putri, SMP Putra/Putri dan SMA Putra/putri bisa dikatakan spektakuler, ” tegas Menpora seusai membuka Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional Badan Pendidikan Kristen (Bpk) Penabur 2023 Di Auditorium Spk Penabur Kelapa Gading, Jl. Boulevard Bukit Gading Raya, Jakarta Utara, Sabtu (2/9/2023).

Dalam pembukaan yang berlangsung semarak dan lancar dihadiri Ketum PB Percasi GM Utut Adianto dan Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi serta Dewan Pembina PB Percasi, Ir. Eka Putra Wirya.

Menpora menegaskan, kejuaraan Catur seperti harus dilakukan secara rutin diberbagai daerah. Karena melalui olahraga catur dapat mencerdaskan pemuda mulai tingkat dasar.

Menpora memberikan apresiasi kepada PB Percasi dan BPK Penabur serta SCUA yang membuat festival catur tingkat tingkat nasional. Begitu juga dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua para peserta. Karena tanpa dukungan dan keikhlasan hati untuk menempatkan anaknya di cabor catur, tidak akan ada pecatur muda yang handal.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pembina PB Percasi, Ir. Eka Putra Wirya mengatakan, BPK Penabur kembali berkolaborasi dengan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 yang akan diselenggarakan di empat kota, yaitu Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta.

“Ini merupakan turnamen catur tingkat nasional dan kesulitannya sangat tinggi lagi karena bermain serentak dan simultan di empat kota dan enam venue. Saya merasakan komitmen yang luar biasa lagi dari BPK PENABUR,” kata Eka Putra Wirya.

Pelaksanaan festival catur pelajar tingkat nasional yang diadakan untuk keempat kalinya itu akan dilakukan secara onsite secara bersamaan, dalam delapan delapan kategori yang terdiri dari TK Putra/Putri, SD Putra/Putri, SMP Putra/Putri dan SMA Putra/putri belum pernah digelar ditempat yang lain.

“Dengan adanya turnamen Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ini kami selalu membuka diri untuk pembinaan atlet catur sejak usia dini. Ini memang tujuan kami dengan BPK Penabur sejak awal,” kata Eka Putra Wirya.

Sedang Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi, menyampaikan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2023 merupakan kelanjutan kerjasama yang intensif antara BPK Penabur dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA).

“Festival ini merupakan lanjutan kerjasama kami yang intensif yang di tahun dimulai sejak tahun 2019. Tahun 2023 ini festival ini diikuti 1.622 pecatur dari 13 provinsi, 54 kabupaten/kota. Festival ini akan hadir di empat kota yakni Bandar Lampung, Jakarta, Cirebon dan Bandung,” ujarnya. (Warso)

Related posts