Diingatkan, Orang Terinfeksi Covid-19 Kini Bisa Terlihat Tanpa Gejala

0

JAKARTA (Suara Karya): Masyarakat diminta tetap waspada, karena orang yang terinfeksi virus corona (covid-19) kini visa tanpa gejala sedang sakit. Jika tak perlu benar, hendaknya tetap di rumah, agar virusnya tak menulari orang-orang yang ada disekitarnya.

“Sekarang ini banyak orang yang ternyata positif covid-19, tetapi tidak menunjukkan kondisi sedang sakit. Karena itu pentingnya untuk menjaga jarak aman dengan orang lain,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (22/3/20).

Yurianto menambahkan, dari sekitar 514 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia saat ini, sering didapati pasien dalam keadaan sakit ringan. Bahkan tak sedikit tanpa gejala sama sekali.

“Karena tidak ada gejala sakit, seseorang berpikir kalau dirinya tak terinfeksi virus Covid-19. Kondisi itu jadi masalah buat orang lain, yang kondisi badannya tak bugar. Dia jadi tertular, tanpa disadari masing-masing,” katanya.

Untuk itu, Yurianto mengajak masyarakat untuk bersikap yang benar dalam menghadapi pandemi global Covid-19, seperti menjaga jarak antarorang, menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan, serta melakukan isolasi diri jika tubuhnya sedang tak bugar agar tak mudah tertular dari orang lain.

“Jika ada keluhan, segera memeriksakan diri ke dokter. Gunakan masker jika keluar rumah untuk mengurangi aspek kemungkinan penularan antar orang,” katanya.

Ditambahkan, penularan Covid-19 sangat rentan terjadi antar orang karena percikan cairan pernapasan bisa sampai kepada orang lain saat melakukan kontak dekat dan berkumpul. Itulah pentingnya jaga jarak aman dengan orang lain.

Yurianto menjelaskan, jumlah total kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini sudah 514 orang atau bertambah 64 dibanding hari kemarin. Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 10 orang sehingga totalnya menjadi 48 jiwa. Sedangkan pasien yang sembuh sefara keseluruhan menjadi 29 orang.

Terjadi penambahan jumlah wilayah sebaran Covid-19 di 3 provinsi yakni Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua. Dengan demikian wilayah penyebaran kasus positif Covid-19 menjadi 20 provinsi. Penambahan juga terjadi pada kasus sembuh dan meninggal.

Ditambahkan, DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan penambahan kasus terbanyak, 40 kasus menjadi 307 orang.

Setelah DKI Jakarta, terbanyak kedua di Jawa Barat (59). Dari jumlah itu, 9 orang diantaranya meninggal. Banten di posisi ketiga sebanyak 47 kasus, dan Jawa Timur sebanyak 41 kasus. (Tri Wahyuni)