Diluncurkan, Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter!

0

JAKARTA (Suara Karya): Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) meluncurkan Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter. Portal tersebut untuk mendukung Puspeka dalam mengkampanyekan konten-konten penguatan karakter.

“Keberaaan portal ini diharapkan memberi energi positif dalam menyebarkam praktik baik penguatan karakter, meski dalam situasi pandemi,” kata Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemdikbudristek, Suharti dalam acara peluncuran yang digelar secara daring, Sabtu (18/9/21).

Tayangan ulang peluncuran tersebut dapat disaksikan dalam kanal Youtube Kemdikbudristek.

Suharti menambahkan, karya cipta guru yang ditayangkan dalam portal tersebut akan menjadi ‘suntikan’ penyemangat, bahkan menularkan ke lingkungan sekitar untuk dapat meneruskan praktik baik dalam penguatan karakter.

Hal senada dikemukakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puspeka, Kemdikbudristek, Hendarman. Ia percaya
gerakan yang dilakukan bersama akan membawa manfaat lebih besar.

“Diharapkan portal akan menjadi wadah bagi berbagai pemangku kepentingan untuk penguatan karakter, agar dapat saling berbagi praktik baik dan senantiasa terhubung untuk bersama melakukan penguatan karakter demi pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Puspeka sejauh ini telah melakukan uji coba aplikasi yang melibatkan Agen Penguatan Karakter, fasilitator dan Sahabat Karakter. Karena itu, Portal terbuka bagi seluruh Sahabat Karakter.

Ditambahkan, portal merupakan aplikasi berbasis web dengan berbagai unsur kegiatan yang dapat dimasukkan ke pengunjung laman. Dikemas dalam bentuk gamifikasi yang menarik di mana setiap Sahabat Karakter dapat membagi praktik baik berupa kegiatan atau karya kreatif.

“Karya itu akan dapat poin dan masuk dalam papan peringkat Liga Kampanye Penguatan Karakter. Nilai kompetitif dan semangat untuk saling berbagi menyatu sebagai filosofi pengembangan portal ini,” tuturnya.

Portal praktik baik diharapkan dapat memperkaya konten-konten positif yang dapat menginspirasi dan mendorong terjadinya perubahan perilaku dan pikir dari masyarakat sebagai bagian dari kampanye penguatan karakter.

Ketua Agen Penguatan Karakter (APK), Sutomo menyampaikan, apresiasi atas inisiasi Puspeka Kemendikbudristek dalam menyelenggarakan Liga Kampanye Penguatan Karakter. Hal itu merupakan terobosan baru untuk Kampanye Penguatan Karakter lebih dapat dilihat, ditiru dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Diharapkan liga dapat berlanjut sehingga makin banyak APK bermunculan di Indonesia,” ucap guru SMP Muhammadiyah Plus Salatiga, Jawa Tengah.

Guru SDN Murung Sari 5, Kalimantan Selatan, Rina Emilyana memandang poryal sebagai wadah yang memfasilitasi dan memotivasi APK untuk terus bergerak bersama dalam mengkampanyekan Profil Pelajar Pancasila.

“Aplikasi Liga ini terbilang mudah digunakan tampilannya serupa dengan media sosial, seperti penempatan panel dan tombolnya sehingga tidak butuh waktu lama untuk mempergunakannya,” ucapnya. (Tri Wahyuni)