Dindikbud Banten Bantu Korban Tsunami

0
Posko bantuan korban terdampak tsunami di kantor Dindikbud Banten (Foto : Wisnu Suara Karya)

SERANG (Suara Karya) : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten,  akan terus menyalurkan bantuan kepada korban terdampak tsunami Banten,  di wilayah Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Bantuan tersebut berbentuk pakaian, selimut dan berbagai makanan di sejumlah tempat pengungsian yang ada di tiga wilayah tersebut.

Koordinator penyaluran bantuan bencana tsunami Banten, Dindikbud Banten, Ujang Rafiudin  mengatakan,  pihaknya sudah mengirimkan aneka bantuan untuk para korban sekitar 15 truk sejak tanggal 26 Desember 2019. Selain dari Dindikbud Banten, ada bantuan dari berbagai sekolah SMKN-SMAN dan SKH di delapan kabupaten/kota se-Banten.

“Bantuan akan terus dilakukan hingga tanggal 4 Januari 2019 yakni batas masa siaga darurat bencana III yang ditetapkan oleh gubernur. Langkah selanjutnya akan dilakukan setelah mendapat  arahan dari Bapak Gubernur,” katanya.

Menurutnya penyaluran bantuan didistibusikan melalui posko-posko pengungsian yang berada di wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang. “Dari situ, selanjutnya disalurkan langsung kepada para korban terdampak tsunami di penampungan maupun   tempat pengungsian,” tuturnya.

Diperoleh catatan, bantuan pertama pada tanggal 26 Desember 2019, berupa makanan dan selimut serta pakaian sebanyak dua truk dikirim ke wilayah Tanjung Lesung, atas nama Dindikbud Banten. Pada tanggal 27 Desember 2019 sebanyak empat mobil, dikirimkan ke wilayah Caringin atas nama Dindikbud Banten.

Masih di tanggal 27 Desember 2019 Dindikbud Banten mengirimkan bantuan ke Posko Carita sebanyak satu truk, atas nama SMK Exelen I Kota Tangerang. Tanggal 28 Desember 2019 bantuan atas nama Dindikbud Banten, dikirimkan ke wilayah Taman Jaya dan Labuan.

Selanjutnya tanggal 29 Desember 2018  ada bantuan dari SMAN 2 Lebak, satu  truk,  dikirim ke Tanjung Lesung. Dari SMK Jawilan, juga ada bantuan satu truk untuk korban di Tanjung Lesung.

Tanggal 30 Desember 2019, Dindikbud Banten kembali mengirimkan bantuan untuk korban di wilayah Carita dan Tanjung Lesung. Tanggal 31 Desember 2018 Dindikbud Banten mengirimkan bantuan ke Posko Utama korban tsunami Banten,  di Gedung Aspirasi, serta bantuan dari MKKS-SMA untuk korban di wilayah Tanjung Lesung (Wisnu)