Dinilai Unggul, Jaringan Hotel Ternama Malaysia Siap Rekrut Mahasiswa STP Trisakti

0

JAKARTA (Suara Karya): Jaringan hotel dan resort ternama di Malaysia, AnCasa menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti dalam program magang dan rekrutmen tenaga kerja.

“Kami pilih STP Trisakti karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki perguruan tinggi di Malaysia, yaitu hospitality,” kata Senior Vice President Hospitality Division, UDA AnCasa SDN BHD, Shah Azam Khan usai penandatanganan naskah kerja sama dengan STP Trisakti, di Jakarta, Rabu (30/11/22).

Shah Azam menjelaskan, pembelajaran tentang pariwisata dan perhotelan di Malaysia tidak dibuat terpisah seperti halnya di Indonesia. Bidang tersebut dikombinasikan dengan mata pelajaran lain seperti ekonomi, bisnis atau manajemen.

“Kalau di Indonesia kan ada sekolah tinggi khusus pariwisata dan perhotelan. Sehingga mereka bisa mengembangkan hospitality dengan kualitas yang sangat bagus,” ujar Shah.

Meski demikian, lanjut Shah Azam, Malaysia saat ini sudah ada sekolah tinggi bidang kuliner. Hal itu diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Malaysia.

Terkait program magang, Shah Azam menjelaskan, pihaknya pada tahap awal akan menerima 25 mahasiswa STP Trisakti untuk magang selama 6 bulan. Jika memiliki kompetensi yang dibutuhkan, maka mahasiswa tersebut akan diberi peluang untuk menjadi pegawai.

“Jadi kerja sama ini tak sekadar magang, kami tawarkan kesempatan kerja,” kata Shah Azam menegaskan.

Bidang pekerjan yang tersedia, terkait room service, termasuk didalamnya house keeping, front office, food&beverage, kitchen dan kuliner. “Proses seleksi sedang kami lakukan. Rencananya kegiatan magang dilakukan Januari 2023,” tuturnya.

Kebutuhan akan tenaga kerja dibutuhkan AnCasa Hotels and Resorts, karena jaringan hotel tersebut telah bangkit kembali pascapandemi covid-19. AnCasa memiliki hotel dan resort di 4 wilayah, yaitu 2 di Kuala Lumpur, Pahang dan Trengganu.

“Pada 2024, kami juga akan buka 400 kamar di hotel AnCasa yang baru di Bukit Bintang dan di Petailing Street,” katanya.

Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniaty menyambut baik tawaran kerja sama oleh AnCasa Hotels and Resorts. Hal itu menunjukkan kualitas mahasiswa magang di perusahaan tersebut sebelumnya.

“Kami harap kerja sama dengan AnCasa Hotels dan Resorts dapat berjalan dengan baik. Sehingga makin banyak mahasiswa STP Trisakti yang dapat kesempatan magang di industri pariwisata di luar negeri,” kata Fetty.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang III STP Trisakti Ismeth Emier Osman mengatakan, kerja sama dengan AnCasa Hotels dan Resorts sebenarnya telah dirintis lama. Permintaan khusus kemudian ditawarkan AnCasa setelah melihat kualitas mahasiswa magang di perusahaan tersebut.

“STP Trisakti memiliki hubungan baik dengan industri pariwisata di Malaysia, tak hanya AnCasa Hotels & Resorts. Kami senang kerja sama dilanjutkan, karena hal itu menunjukkan kualitas yang baik dari mahasiswa STP Trisakti,” ujarnya.

Program magang diberikan kepada mahasiswa semester 3, 5 dan 7 selama 6 bulan. Program tersebut diberikan kepada mahasiswa baik pada program D4 maupun S1. Hal itu sesuai dengan program Kemdikbudristek dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Di STP Trisakti, program magang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu di semester 3 atau 5, lalu lanjut di semester 7. Sehingga mahasiswa bisa akrab dengan dunia industri lebih banyak,” tuturnya.

Ditanya soal biaya magang ke luar negeri, Ismeth mengatakan, awalnya menggunakan dana sendiri. Tetapi dana itu akan terganti, setelah mahasiswa mulai magang dan mendapat uang saku.

“Dan yang tak kalah penting, mahasiswa dapat banyak pengalaman di industri pariwisata dunia,” kata Ismeth menandaskan. (Tri Wahyuni)