Ditjen Dikti Gelar “Talent Scouting” Kerja Sama Kampus Irlandia

0
Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Dikti, Nizam. (suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama kampus Irlandia akan menggelar “talent scouting”. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program peningkatan kualifikasi dosen di Indonesia.

“Lewat kegiatan talent scouting ini, kami ingin mengajak dosen di Indonesia untuk memperluas wawasan, serta memahami tantangan global di masa depan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Dikti, Nizam dalam webinar bertajuk “Talent Scouting for Indonesian Lecturers with Education in Ireland”, Selasa (9/6/20).

Acara yang diikuti sekitar 500 dosen dari berbagai perguruan tinggi Indonesia itu juga diikuti Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, HE Olivia Leslie dan Direktur Sumber Daya, Ditjen Dikti, Kemdikbud, Sofwan Effendi.

Dijelaskan, kegiatan talent scouting dengan kampus Irlandia sebenarnya program tahunan yang diikuti sedikitnya 500 dosen di Indonesia. Karena pandemi corona virus disease (covid-19), maka kegiatan tatap muka dialihkan menjadi telekonferensi.

“Kegiatan untuk peningkatan kompetensi dosen merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, guna mempersiapkan sumber daya manusia unggul dalam 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Hal itu selaras dengan kebijakan Kampus Merdeka yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim. Mahasiswa diberi kebebasan dalam memilih pembelajaran di luar kampus selama 3 semester, baik di dunia industri maupun di lingkungan masyarakat.

“Agar program belajar di luar kampus dapat menghasilkan SDM berkualitas, maka dosennya pun harus berkualitas. Karena itu, Kemdikbud melakukan beragam program peningkatan mutu dosen untuk mencapai target yang ditetapkan,” katanya.

Nizam meyakini, program talent scouting ini mampu meningkatkan kualitas dosen menuju jenjang S-3. Nizam berharap para peserta webinar dapat menggunakan kesempatan yang ada untuk berjuang agar bisa melanjutkan kuliah di kampus terbaik di Irlandia.

Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Olivia mengapresiasi kegiatan talent scouting yang digelar bersama tersebut. Karena peminat terus bertambah setiap tahunnya.

“Kegiatan ini menitikberatkan pada peningkatan kompetensi dosen di bidang penelitian dan komersialisasi. Dan Irlandia memiliki kelebihan dalam bidang tersebut,” ujarnya.

Direktur Sumber Daya, Ditjen Dikti Kemdikbud Sofwan Effendi menuturkan, jumlah peminat tahun ini ada sekitar 1500 orang. Karena terbatasan tempat, peserta akhirnya diseleksi hingga terpilih 500 orang.

“Lewat kegiatan ini, para akademisi dapat menggali informasi tentang pendidikan doktoral dan peluang beasiswa dari kampus Irlandia. Informasi tersebut penting agar peminat dapat melanjutkan pendidikan dengan lebih mudah,” katanya.

Ditambahkan, kegiatan “Talent Scouting for Indonesian Lecturers with Education in Ireland” ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Irlandia. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, yaitu 9-10 Juni 2020. (Tri Wahyuni)