Ditjen Dikti Serahkan Hibah Laboratorium BSL-3 untuk Unpad

0

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menyerahkan secara resmi hibah laboratorium berstandar Bio Safety Level 3 (BSL-3) kepada Universitas Padjadjaran (Unpad).

Proses serah terima dilakukan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Aris Junaidi kepada Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti di kampus Universitas Padjadjaran, Bandung, Kamis (3/6/21).

Aris Junaidi mengapresiasi peran luar biasa Laboratorium BSL-3 Unpad dalam membantu penanganan pandemi corona virus disease (covid-19) lewat pengujian sampel. “Bahkan pada Mei 2020 lalu, laboratorium tersebut mampu melakukan pengujian hingga 1.000 sampel setiap hari. Ini luar biasa,” ujarnya.

Laboratorium berkualifikasi BSL-3 itu, Aris berharap, juga mampu mendukung pengembangan riset-riset unggulan, terutama bidang herbal dan penelitian penyakit infeksi seperti tuberkulosis. Selain juga menopang hilirisasi produk riset bidang kesehatan, herbal science maupun farmasi dalam bentuk fasilitas tes uji produk.

“Adanya laboratorium ini, diharapkan terjadi peningkatan capaian publikasi dan hilirisasi hasil riset dosen maupun peneliti di Unpad, serta mencapai target sesuai dengan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi”, tutur Aris.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti menyampaikan kesiapannya untuk memanfaatkan secara optimal fasilitas laboratorium BSL-3 untuk menunjang kegiatan riset yang dilakukan dosen maupun mahasiswa.

“Fasilitas laboratorium ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dosen, peneliti, laboran maupun mahasiswa. Unpad akan optimalkan pemanfaatan fasilitas laboratorium sentral ini,” katanya.

Selain menyerahkan hibah laboratorium BSL-3 yang dibangun melalui mekanisme PHLN dari Islamic Development Bank (IDB), Ditjen Dikti juga menyerahkan secara resmi berbagai peralatan dan perlengkapan pendukung lainnya. (Tri Wahyuni)