DKI Jakarta Raih Juara Umum OSN Sekolah Dasar 2019

0
Foto: suarakarya.co.id/istimewa

JAKARTA (Suara Karya): Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar di Yogyakarta pada 30 Juni hingga 6 Juli 2019. Posisi kedua dan ketiga ditempati Jawa Timur dan Banten.

“Kompetisi semacam OSN diperlukan karena penguasaan ilmu pengetahuan seperti matematika dan IPA merupakan salah satu modal kemajuan bangsa,” kata Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Khamim pada penutupan OSN 2019 di Yogyakarta, Sabtu (6/7/2019).

Khamim menjelaskan, kompetisi OSN diikuti siswa yang tak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan akhlak mulia. Seperti amanat Presiden bahwa proses pembelajaran di SD menekankan pada karakter.

“Kompetisi OSN diharapkan juga dapat menumbuhkan semangat di kalangan guru untuk membuat dan menyajikan proses pembelajaran berkualitas, inovatif dan menjawab tantangan anak di masa depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, Direktorat Pembinaan SD sangat serius dalam menangani OSN 2019 dengan mendatangkan para juara dari 34 provinsi. Siswa yang bertanding di OSN Yogyakarta adalah juara 1,2 dan 3 dari masing-masing provinsi.

Ia meminta pada siswa yang belum berhasil meraih juara pada OSN tahun ini untuk tidak patah semangat. “Menang atau kalah dalam berkompetisi adalah hal biasa. Biasakan, menerima kekalahan atau kemenangan dengan santai. Pribadi yang tak mudah stres saat terkena masalah biasanya menjadi pribadi sukses saat dewasa,” ujarnya.

Tak lupa, Khamim menitipkan pesan ke para kepala daerah agar memaksimalkan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) bagi sektor pendidikan. Hal itu akan terlihat hasilnya pada prestasi siswa saat berkompetisi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Daerah yang menjadi siswanya meraih juara umumnya memiliki APBD yang mumpuni di sektor pendidikan,” kata Khamim menandaskan.

Pelaksanaan OSN 2019 memperebutkan 60 medali yang terdiri dari emas, perak dan perunggu untuk masing-masing bidang yang dilombakan yaitu matematika dan IPA. Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum meraih 9 medali yaitu 3 emas, 5 perak dan 1 perunggu.

Posisi kedua adalah Jawa Timur yang meraih 9 medali, yaitu 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati Provinsi Banten yang meraih 8 medali, terdiri dari 1 emas, 1 perak.dan 6 perunggu. (Tri Wahyuni)