Dorong Instekmuh Kaltara segera beroperasi, Hasan Basri Serahkan Bantuan Buku

0

KALTARA (Suara Karya): Pemahaman terhadap literasi terutama tentang pentingnya budaya membaca kepada anak-anak hingga dewasa bukan pekerjaan mudah. Tetapi, butuh tindakan langsung agar dapat membuat keinginan tinggi mereka gemar membaca.

Hal itu diungkapkan Senator Asal Kalimantan Utara Hasan Basri, di sela kunjungan kerjanya saat menyerahkan  buku untuk mendukung program tri dharma perguruan tinggi di Institut Teknologi Muhammadiyah INSTEKMUH Kalimantan Utara di Tarakan, Minggu (17/10/2021).

Hasan Basri menjelaskan, kurangnya perhatian pada buku dan dunia membaca menyebabkan minat baca buku masyarakat tergolong rendah. Produksi buku di Tanah Air pun minim dibandingkan jumlah populasi usia produktif.

Melalui siaran persnya, Hasan Basri menjelaskan pada 2018 jumlah produksi buku per tahun sekitar 30 ribu, jauh lebih rendah dibandingkan penerbitan buku di Jepang pada tahun yang sama mencapai  lebih dari 85 ribu buku per tahun, India mencapai 90 ribu judul buku per tahun dan Cina malahan sudah mencapai lebih dari 440 ribu judul buku per tahun.

“Jumlah terbitan buku Indonesia hanya menyamai atau sedikit lebih tinggi dari negara-negara yang berpenduduk jauh lebih kecil, seperti Taiwan, Vietnam ataupun Malaysia,” tandasnya.

Dengan penyerahan buku ini,  Hasan Basri berharap Inspekmuh dapat dimanfaatkan dengan baik dan segera dapat beroperasi di Kaltara menjadi salah satu perguruan tinggi yang memberi sumbangsih nyata bagi peningkatan sumber daya manusia dalam mengisi pembangunan di Kalimantan Utara.

Usai menerima sumbangan buku, Sabar Santouso,  selaku salah satu pendiri dan perwakilan Instekmuh mengucapkan terima kasih atas sumbangan  buku  yang diberikan oleh senator Hasan Basri dalam rangka melengkapi berbagai macam buku bacaan di perpustakaan instekmuh Kaltara.

“Insya Allah buku-buku ini akan kami pergunakan sebaik mungkin dalam mendukung pelaksanaan tri darma perguruan tinggi di Instekmuh Kalimantan Utara, Insya Allah bermanfaat dan semoga menjadi amal jariyah buat Pak Hasan Basri dan Keluarga,” ujarnya. (indra)