Dorong Kemitraan Strategis, Ditjen Vokasi Gelar DUDI Award 2021

0

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) akan menggelar DUDI Award 2021. Perhelatan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam program program link&match.

“Kami ingin kemitraan dengan DUDI tidak hanya menguntungkan pendidikan vokasi, tetapi juga bagi DUDI. Sehingga tercipta kemitraan strategis antara kedua belah pihak,” kata Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek, Wikan Sakarinto dalam webinar, Selasa (23/11/21).

Wikan menjelaskan, pendidikan vokasi memiliki posisi strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang memiliki kompetensi, produktivitas dan daya saing. Karena pendidikan vokasi bertujuan menciptakan tenaga yang ahli dan terampil di bidangnya.

“Ciri khas dari pendidikan vokasi, salah satunya adalah kedekatannya dengan pihak DUDI melalui program kemitraan, baik pada proses pembelajaran, pengembangan, penguatan SDM hingga perekrutan lulusan vokasi,” ujarnya.

Lewat DUDI Award, Wikan berharap, kemitraan yang sudah terjalin antara pendidikan vokasi dan DUDI semakin erat. Apalagi DUDI yang sudah terlibat aktif dalam program link&match yang dikembangkan Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek.

“DUDI Awards akan jadi momentum untuk para pihak atas sinergi yang telah berjalan selama ini. Sehingga tercipta proses bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak,” tuturnya.

Penghargaan DUDI Award 2021 terbagi dalam 9 kategori, yaitu kontribusi DUDI bidang akademik, kontribusi DUDI bidang pembiayaan atau CSR, kontribusi DUDI bidang penelitian, kontribusi DUDI bidang pemagangan, kontribusi DUDI bidang penyerapan lulusan, kontribusi DUDI bidang fasilitasi ‘teaching factory’, kontribusi DUDI bidang penguatan kewirausahaan, kontribusi asosiasi DUDI, dan kontribusi instansi pemerintah.

“Setiap satuan pendidikan vokasi, baik SMK, perguruan tinggi vokasi, hingga lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dapat berpartisipasi mengajukan DUDI terbaik untuk menjadi calon nominasi DUDI Awards 2021,” ucap Wikan.

Periode pengajuan nominasi DUDI terbaik dimulai 16 November hingga 30 November 2021 melalui tautan https://tinyurl.com/NOMINASIDUDI. Panitia akan melakukan proses validasi isian data dan berkas pada 1-10 Desember 2021. Pemenang akan diumumkan pada Malam Puncak Anugerah DUDI Awards 2021 pada 15 Desember 2021.

Wakil Direktur Bidang Kerja Sama Usaha Polman Bandung 2016-2020 yang juga Tim Program DUDI Awards, Otto Purnawarman menegaskan, DUDI Awards bukanlah suatu kompetisi. Ajang tersebut merupakan apresiasi dari Pemerintah terhadap DUDI yang berdedikasi dalam membangun pendidikan vokasi di Tanah Air.

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek, Saryadi Saryadi menambahkan, sosialisasi DUDI Awards telah dilaksanakan pada 15 November 2021.

Ia berharap kegiatan itu didukung oleh seluruh satuan pendidikan vokasi, baik dari SMK, pendidikan tinggi vokasi (PTV), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). (Tri Wahyuni)