Dosen Gizi FIO UNJ Melakukan PKM Secara Daring di Saat PSBB

0

Dr. Mansur Jauhari, M.Si
Dosen Ilmu Gizi Olahraga
Fakultas Ilmu Olahraga
Universitas Negeri Jakarta

JAKARTA (Suara Karya) : Melalui semangat menyala, Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNJ melakukan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Hal itu dilakukan secara Daring kepada para ibu rumah tangga dan masyarakat umum pada saat Penerapan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) di Jakarta.

Ketua Pelaksana PKM LPPM UNJ, Dr. Mansur Jauhari, M.Si mengemukakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya persentase obesitas di masyarakat. Sesuai dengan Data Riskesdas tahun 2018 yaitu sebesar 21,8% . Selain itu, kondisi pandemi covid yang terjadi saat ini yang mengharuskan masyarakat berada di rumah. Bahkan masih banyak masyarakat yang kurang melakukan aktivitas fisik dengan jumlah yang cukup.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat umum, khususnya ibu rumah tangga untuk dapat cerdas dan cermat dalam menyusun menu gizi seimbang baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Disamping itu mengimbangi aktivitas fisik yang cukup untuk mendapatkan dan mempertahankan berat badan yang ideal,” ujar Mansur Jauhari kepada Wartawan, kemarin.

Lebih lanjut Mansur Jauhari menegaskan, kegiatan ini seharusnya dilaksanakan pada bulan September 2020 secara tatap muka langsung dengan partisipan yakni para ibu rumah tangga di Kota Depok. Mengingat masih dalam masa PSBB maka, sebisa mungkin untuk menghindari kerumunan, sehingga kegiatan ini diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom pada minggu kedua Bulan Oktober 2020.

“Meski demikian, antusias partisipasi masyarakat sangat tinggi pada kegiatan ini. Terbukti tidak hanya ibu rumah tangga saja yang mendaftar dan hadir pada kegiatan ini, melainkan juga para mahasiswa, peserta dari TNI/Polri, guru, dosen, dan juga kepala desa”. Peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, antusias para peserta juga dapat dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya setelah penyampaian materi”, ungkap Mansur Jauhari.

Topik Penyusunan Menu Gizi Seimbang untuk menurunkan berat badan sangat menarik bagi masyarakat umum, sebab materi yang disampaikan berkaitan erat dengan gaya hidup sehari – hari masyakarat pada umumnya serta menjelaskan tentang bagaimana mengatur menu makanan yang sehat dan cukup untuk pemenuhan asupan gizi tubuh. Namun yang terpenting juga dapat menurunkan berat badan.

Mansur Jauhari terus memotivasi para peserta untuk yakin bahwa menurunkan berat badan menjadi ideal dapat dilakukan oleh siapapun dengan biaya yang relatif murah dan tentunya aman untuk kesehatan tubuh, asal disertai tekad kuat dan upaya berkelanjutan yakni dengan beraktivitas fisik secara teratur dan cukup serta mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan dan kecukupan gizi masing-masing.(Warso)