DPR Minta Lemhannas Perkuat Ketahanan Papua

0

JAKARTA (Suara Karya): Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aris Saputra meminta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) harus segera memperkuat nilai ketahanan daerah tersebut agar kejadian serupa tidak terulang.

Hal itu dia kemukakan, terkait kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat akhir-akhir ini. Dia juga mempertanyakan nilai ketahanan dua provinsi di timur Indonesia itu.

“Selama ini kajiannya dari Papua itu, berapa nilai ketahanannya sampai bisa terjadi kasus kerusuhan seperti itu. Apakah nilai ketahanannya tanggung atau di bawah tanggung, ini harus dijelaskan,” papar Supiadin saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sestama Lemhannas dan Sesjen Wantannas di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Politisi Partai NasDem ini mengatakan daerah-daerah di Indonesia yang masih tertinggal jauh harus segera dilakukan pembangunan yang bersifat prioritas, serta penguatan terhadap ideologi bangsa dan negara terhadap pemerintah.

“Harus ada prioritas pembangunan dari pemerintah terhadap daerah-daerah yang masih tertinggal, atau yang mempunyai ideologi ketahanan yang lemah. Sehingga pemerintah harus mencari cara bagaimana meningkatkan ideologi di daerah tersebut,” pesan Supiadin.

Legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat tersebut menilai Lemhannas harus segera menyampaikan nilai ketahanan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga jika ada yang masih lemah, perlu segera diperkuat agar kejadian seperti di Papua tidak terulang.

“Saya meminta kepada Lemhannas agar diberikan gambaran berapa nilai ketahanan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga kami bisa mempunyai gambaran juga dalam menganalisis permasalahan tersebut, tentunya dengan harapan agar kejadian serupa tidak terulang,” pungkas Supiadin. (gan)