DPR Setujui RUU Penanggulangan Bencana

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Rapat Harmonisasi dan pandangan mini fraksi Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyepakati Rancangan Undang-Undang (RUU) Penanggulangan Bencana. Rapat yang berlangsung secara virtual ini dipimpin langsung oleh Ketua Baleg DPR, Supratman Andi Agtas pada Jumat (8/5/2020).

“Dengan demikian selesailah pendapat seluruh fraksi fraksi dari sembilan fraksi yang ada semua menyatakan setuju,” kata Supratman.

Sebelumnya dalam rapat yang sama, seluruh fraksi memberikan catatan atas RUU yang menjadi inisiatif DPR tersebut.

Pihak pengusul yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzilly mengatakan, dengan disetujuinya RUU tersebut, seluruh fraksi dinilainya memiliki ‘sense of crisis’ yang tinggi terhadap upaya penanggulangan bencana di Indonesia.

“Ini agar proses penanganan dan Mitigasi setiap penanggulangan bencana di negara kita ditangani secara profesional termanage terkoordinasi dengan baik dan dilakukan secara sistematis,” jelas Ace yang juga politisi Partai Golkar ini.

Perlu diketahui, persetujuan Badan Legislasi DPR atas usulan Komisi VIII DPR. Nantinya Komisi VIII bakalan mengajukan surat ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR yang terdekat untuk disahkan menjadi RUU inisiatif DPR. Selanjutnya, RUU tersebut akan dibahas dengan pemerintah.

Ace menekankan, masukan yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi dalam pandangan mereka bakalan dijadikan pegangan dalam pembahasan dengan pemerintah nanti. “Yang perlu diketahui bersama proses pembahasan UU ini masih memerlukan pembahasan mendalam,” kata Ace. (Bobby MZ)