Dr. Abdul Sukur Bangga, UNJ Mendominasi Juara Lomba Akademi Vokasi Indonesia

0

JAKARTA (Suara Karya) : Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mendominasi lomba Akademi Vokasi Indonesia (AVI) yang digelar Kemendikbud dan CNBC Indonesia. Semua itu terjadi, setelah mahasiswi UNJ meraih juara 1 hingga 5.

“Meraih juara 1 hingga 5 yang diambil para mahasiswi UNJ menunjukkan, mereka melakukan persiapan yang matang dan menguasai materi serta teknik tata rias. Kami bersyukur
dimasa pandemi covid -19, para mahasiswi berprestasi sesuai akademinya masing-masing,” kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. seusai menerima laporan dari Tim Pengembang Wakil Rektor (WR) 3 UNJ, Taryudi, S.T., M.T., Ph.D di Jakarta, kemarin.

Abdul Sukur mengatakan, mendominasi suatu lomba merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang dipersembahkan mahasiswi UNJ dibidang tata rias. Namun dia mengingatkan, agar tetap berkarya untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi diri sendiri serta masyarakat. Dengan begitu, ilmu yang diraih dalam kuliah bermanfaat untuk menggapai masa depan yang cerah.

Wakil Rektor III mengucapkan banyak terima kasih pada para pendukung dalam lomba serta Dosen Pembimbing East Beauty Team yaitu Sri Irtawidjajanti, M.Pd. Melalui peranannya para mahasiswi yang tampil dalam lomba mendapat dorongan semangat untuk meraih juara 1,2,3,4 maupun 5.

Para mahasiswi yang berhasil membawa nama harum UNJ dalam lomba tata rias adalah, Juara 1 atas nama Sinta Alfalah (D3 Tata Rias angkatan 2019), Juara 2 Feira Yasinta Permataputri (S1 Pendidikan Tata Rias Angkatan 2018, Fakultas Tehnik).

Juara 3 Muslimah Rahmadhani (S1 pendidikan Tata Rias Angkatan 2020), Juara 4, Aulia Zahra Andini (mahasiswi D3 Tata Rias Angkatan 2019, Fakultas Teknik), Juara 5 Audrey Febrina Hidajatulloh (Mahasiswi S1 Pendidikan Tata Rias Angkatan 2019, Fakultas Teknik).

Pada kesempatan terpisah Tim Pengembang Wakil Rektor (WR) 3 UNJ, Taryudi, S.T., M.T., Ph.D menceritakan, kegiatan lomba ini diadakan agar ada sinergi kuat antara Lembaga Pendidikan Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Keahlian Tata rias sangat dibutuhkan di dunia Fashion, kecantikan hingga dunia entertainment. Industri memerlukan penata rias dengan keahlian untuk siap terjun dan berkualitas. Berangkat dari semangat kualitas lulusan Vokasi, Kemendikbud RI bekerjasama dengan CNBC Indonesia mengadakan Akademi Vokasi Indonesia (AVI).

Kegiatan lomba yang dilakukan pada Kamis 1 April 2021, diawali dengan Keynote speaker oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Indonesia Wikan,M.T, M.Sc, Ph.D dan Speaker 1 Direktur Mitras Dudi Kemendikbud RI, Ahmad Saufi, serta Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati. Begitu juga Ketua Apindo, Harijadi B Sukamdani.

Lomba ini terbuka untuk seluruh pelajar SMK dan Mahasiswi Vokasi di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Diselenggarakan Kemdikbud (Dirjen Vokasi) bekerjasama dengan Brand kosmetik Mustika Ratu, CNCB Indonesia (News and Bisnis Channel). Jalannya lomba dimulai dengan pendaftar, mengumpulkan bukti dokumentasi hasil karya mulai 22 hingga 29 Maret 2021. Dilanjutkan dengan pengumuman peserta terbaik 31 Maret 2021 yang dilukan sebagai syarat lolos pada seleksi tahap 1. Selanjutnya 1 April 2021 mahasiswi yang lolos seleksi melakukan lomba secara off line, diadakan di Ballroom Hotel Raffles Jakarta.

Sementara yang bertindak sebagai juri lomba adalah Wapimred CNBC Indonesia, Pangeran Punce, Head of Promotion PT.Mustika Ratu, Tety Sri Nurhayati dan Perwakilan Kemendikbud RI, Yudil Chatim. Adapun juara 1 mendapat Grand Prize uang tunai Rp 15 juta dan Juara 1 sampai juara 5 mendapat kesempatan Internship atau magang di Mustika Ratu serta mendapat alat penunjang berupa Laptop. Penganugerahan hadiah diberikan Dikjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto,S.T, M.Sc, Ph.D kepada ke 5 pemenang.

“Alhamdulillah seluruh pemenang lomba diraih mahasiswi Universitas Negeri Jakarta Program Studi D3 Tata Rias dan S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik,”tambah Taryudi. (Warso)