Dr. Abdul Sukur Berikan Acungan Jempol Mahasiswa UNJ Raih Prestasi BIM WIKA Awards

0

JAKARTA (Suara Karya) : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si memberikan acungan jempol mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyuguhkan prestasi optimal dalam lomba teknologi desain konstruksi bangunan atau Building Information Modelling (BIM) yang diselenggarakan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.

“Kami memberikan apresiasi atas prestasi yang diukir mahasiswa UNJ. Ditengah pandemi Covid-19 mereka menunjukkan karya terbaiknya. Dengan begitu, mahasiswa UNJ tetap kreatif dan tidak pasif selama masa pandemi Covid 19,”tegas Dr. Abdul Sukur setelah menerima laporan dari Tim Pengembang Wakil Rektor (WR) 3 Taryudi, S.T., M.T., Ph.D di Jakarta, kemarin.

Dr. Abdul Sukur melanjutkan, kreatifitas mahasiswa itu tidak mengenal waktu dan situasi yang ada. Sebagai generasi muda penerus bangsa harus terus berkarya sesuai bidangnya masing-masing. Melalui karyanya bisa memberikan sumbangsih pada nusa dan bangsa.

Dengan begitu Wakil Rektor III UNJ bangga atas prestasi yang diukir tim C3 Bravo yang berhasil meraih juara 1 di kategori Road Modelling. Begitu juga tim C3 Pierz berhasil meraih juara 1 di kategori Bridge Modelling dan tim C3 Djayakarta meraih juara 2 di kategori Building Analysis.

Keberhasilan para mahasiswa dalam lomba tersebut tidak terlepas kerjasama antar mahasiswa dan Dosen pembimbing. Untuk itu lagi-lagi Dr. Abdul Sukur mengucapkan terima kasih atas kerja keras mahasiswa dan Dosen Pembimbing M. Agphin Ramadhan, M.Pd dari Teknik Sipil UNJ, serta dukungan dari seluruh Civitas Akademika UNJ.

Pada tempat terpisah Tim Pengembang Wakil Rektor (WR) 3 UNJ, Taryudi, S.T., M.T., Ph.D menceritakan, Building Information Modelling (BIM) merupakan teknologi desain konstruksi bangunan yang memuat beberapa informasi penting terkait desain, konstruksi, hingga perawatan bangunan dan semuanya saling terintegrasi. BIM WIKA Awards merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Sedang Civil Construction Club (C3) merupakan klub mahasiswa Teknik Sipil UNJ. Adanya lomba tersebut UNJ langsung mengirimkan 4 tim di kategori Building Modelling, Bridge Modelling, Road Modelling, dan Building Analysis.

Adapun Kompetisi diselenggarakan sejak November 2020 hingga Maret 2021, mulai dari pembukaan pendaftaran, Technical Meeting, pengerjaan proyek, pengumuman finalis, hingga pengumuman pemenang.

Dari 4 tim yang dikirim, 3 tim lolos sebagai finalis. Ketiga tim tersebut adalah C3 Pierz Team (kategori Bridge Modelling), C3 Djayakarta Team (kategori Building Analysis), dan C3 Bravo Team (kategori Road Modelling).

Menurutnya, pada kategori Bridge Modelling, UNJ bersaing dengan UII. Sementara kategori Building Analysis, UNJ bersaing dengan IPB. Adapun di kategori Road Modelling, UNJ bersaing dengan ITB.

Menurutnya dalam lomba tim C3 Bravo yang turun dikategori Road Modelling diperkuat Andreas Dwi Jati Prasetyo (S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017)
Reza Nur Holiza (D3 Teknik Sipil angkatan 2019) dan Hafidz Achyar (D3 Teknik Sipil angkatan 2019).

Sementara tim C3 Pierz yang berhasil meraih juara 1 dikategori Bridge Modelling bermaterikan Farid Muhamad H, Gigih Andika J dan Olivia Dwi A.

Begitu juga di tim C3 Djayakarta yang meraih juara 2 dikategori Building Analysis diperkuat Vico Trisna (S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017) Nur Aini Susanti (S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017) serta M. Attala A (S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017).

Taryudi berharap, sukses membanggakan yang diraih para mahasiswa teknik sipil itu dapat memberikan semangat pada mahasiswa bidang lain untuk berkreasi. Melalui kreasi itulah mampu menghasilkan juara pada bidangnya masing-masing. (Warso)