Dua Kali Juara, Faisal Bangga Diwaktu Bersamaan Kibarkan Bendera UNJ

0

JAKARTA (Suara Karya) : Berhasil meraih tampuk juara dua kali sekaligus dalam waktu bersamaan merupakan suatu kejutan yang dimiliki seorang mahasiswa. Hal itu yang dialami Faisal Labib Zulfiqar dari Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Lomba penulisan pertama dengan judul Artikel DEJA(P)U Tax Expo (Kanwil DJP Jakarta Pusat) diumumkan sebagai juara 29 Oktober 2021. Kedua saat tampil di Karnaval LDKPI Call for Article judul “Peran LDKPI dalam Memperkuat Diplomasi Ekonomi” diumumkan dalam waktu yang sama 29 Oktober 2021,”tutur Faisal Labib Zulfiqar di Jakarta, kemarin.

Faisal menceritakan, tertarik dengan teknologi blockchain, termasuk aset Kripto. Munculnya satu aset kripto yang disebut NFT, dapat membuat suatu karya seni konvensional, didigitalisasi (ditokenisasi). Hal itu memberikan nilai tambah, baik bagi pembuat karya maupun bagi pemilik karya seni.

“Dalam sudut pandang Pajak, saya melihat adanya potensi cukup besar. Melalui transaksi tercatat sekitar Rp870 T per tahun, bisa dibayangkan berapa potensi pajaknya. Belum termasuk transaksi yang tidak tercatat. Untuk itu, saya mencoba menuliskannya ke dalam sebuah artikel inovasi dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Kanwil Pajak Jakarta Pusat,”paparnya.

“Dalam.lomba ini saya sempat minder karena yang masuk empat besar datang dari Universitas unggulan yaitu
UI, UGM, dan UNPAD. Namun saya bersyukur, ternyata keluar sebagai juara,”akunya.

Sedang di LDKPI atau Indonesian AID adalah lembaga yang terbilang baru di Indonesia, Faisal tertarik untuk mendalami dan menyumbang ide dalam kompetisi call for article LDKPI karena konsep yang ditawarkan menarik.

Kendati Diplomasi Ekonomi sebenarnya bukan bidangnya sebagai calon akuntan. Namun, setelah mencoba membaca beberapa buku dan jurnal, akhirnya tahu maksud sebenarnya pemerintah dalam mengadakan sebuah diplomasi. Termotivasi oleh Ayu Rosalia dan Ilham Maulana, membuatnya mencoba ikut Call for Artikel LDKPI.

“Alhamdulillah, saat pengumuman saya keluar sebagai juara, posisi kedua peserta dari UIN, dan urutan ketiga dari UI,”tambah Faisal seraya bangga mengalahkan peserta yang difavoritkan juara.

Tampilnya sebagai juara dua kali dalam waktu yang bersamaan Faisal mengucapkan banyak terima kasih pada Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Suku, S.Pd., M.Si. yang memberikan dukungan dan motivasi tampil dalam lomba.

Begitu juga pada Koordinator Program Studi Akuntansi & Dosen Pembimbing Akademik: Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., Ak, serta Dosen Perpajakan Lanjutan & Wakil Dekan III FE UNJ, Dr. Indra Pahala, M.Si., yang selalu memberikan arahan.

Rasa terima kasih selanjutnya disampaikan pada Ayu Rosalia, Fathimah Azalea, dan Ilham Maulana sebagai keluarga dan mentor dalam analisis kasus dan penyemangat. Begitu pula orang tuanya yang selalu mendoakannya. (Warso)