Duel Lawan Salzburg Jadi Pelajaran Penting Bagi Klopp dan Liverpool

0
Aksi Jurgen Klopp di pinggir lapangan di laga Liverpool vs RB Salzburg. © AP Photo

JAKARTA (Suara Karya): Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengungkapkan duel lawan RB Salzburg memberikan pelajaran penting bagi dirinya dan skuat The Reds.

Liverpool menjamu Salzburg di matchday kedua Grup E Liga Champions di Anfield, Kamis (03/10/2019). Pertandingan itu berlangsung dengan menghibur sekaligus menegangkan.

Liverpool mengawali laga dengan sangat sempurna. Mereka mampu tampil mulus dan membuat Salzburg tak bisa berkutik sama sekali.

Alhasil, dalam tempo 36 menit Liverpool mampu mencetak tiga gol sekaligus. Yang pertama melalui Sadio Mane, kemudian Andrew Robertson dan Mohamed Salah.

Namun setelah itu Salzburg mengubah taktiknya. Mereka pun mulai bisa membalikkan situasi dan berbalik menekan Liverpool.

Hwang Hee-Chan sukses mencetak gol balasan, tak lama setelah terciptanya gol dari Salah di babak pertama. Kemudian di babak kedua mereka sukses menyamakan skor menjadi 3-3 melalui gol Takumi Minamino dan Erling Haaland.

Pelajaran Penting

Klopp kemudian mengubah taktiknya juga. Hal ini membuahkan hasil dan Salah kembali mencetak gol untuk membuat Liverpool kembali unggul menjadi 4-3.

Usai pertandingan, Klopp mengakui bahwa Salzburg bermain dengan tanpa ampun dan menyulitkan timnya. Ia menambahkan laga ini memberikan pelajaran bahwa mereka masih harus belajar lebih banyak hal lagi.

“Tim lain mungkin kalah 3-0 di sini tetapi mereka tidak terlalu peduli. Kami membuka pintu, mereka berlari melalui pintu itu,” ucapnya seperti dilansir Sky Sports.

“Itu adalah pelajaran yang sangat penting bagi kami malam ini, tetapi saya lebih suka mempelajarinya secara besar-besaran dalam pertandingan daripada setelah pertandingan karena, jika kami kalah 4-3, itu akan menjadi pelajaran yang sama,” terangnya.

“Sekarang kami menang 4-3 jadi tiga poin dan banyak belajar dari itu, saya baik-baik saja. Saya tahu sebelumnya bahwa kami harus banyak meningkatkan kemampuan kami tetapi sekarang mungkin semua orang tahu itu,” tandas Klopp.

Pelajaran untuk Salzburg

Di sisi lain, pelatih Salzburg Jesse Marsch mengaku tak terlalu kecewa dengan hasil ini. Ia justru merasa senang dengan penampilan anak-anak asuhnya.

Namun ia juga mengatakan pada timnya agar memetik pelajaran dari laga itu. Jadi ke depannya mereka bisa meraih hasil lebih baik dan lolos dari fase grup.

“Meskipun kami kalah 3-0, Anda bisa melihat kami lebih masuk lebih dalam lagi ke pertandingan,” kata Marsch.

“Gol yang tercipta tepat sebelum paruh waktu sangat besar bagi kami, karena memberi kami kesempatan untuk masuk dan berbicara tentang beberapa hal dan kemudian keluar dan mendorong sekuat yang kami bisa,” serunya.

“Pada saat skor imbang 3-3, Anda tahu pemain kami telah memasukkan banyak usaha ke dalamnya, dan mereka sedikit lelah, energi di stadion sedikit meningkatkan semangat kami, dan ini adalah tim yang luar biasa yang kami lawan, jadi saya Saya sangat bangga dengan kelompok saya dan penting bagi kami untuk belajar dari kekalahan ini sehingga kami menemukan cara untuk lolos dari grup ini,” tutup Marsch.

Saat ini Liverpol mengemas tiga poin dari dua pertandingan. Sementara itu RB Leipzig juga mengemas tiga poin dari dua laga namun mereka berada di peringkat ketiga sementara The Reds di posisi kedua klasemen sementara grup E. (Bobby MZ)