Dukung BDR, Neflix Donasikan Tayangan Film Dokumenter lewat TVRI

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggandeng Neflix untuk penayangan film-film dokumenter melalui TVRI. Upaya itu bagian dari perluasan program Belajar Dari Rumah (BDR) selama masa pandemi corona virus disease (covid-19).

“Film dokumenter milik Neflix ini akan disiarkan melalui TVRI mulai 20 Juni mendatang. Hiburan bagi siswa mengisi masa liburan sekolah dari rumah,” kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam siaran persnya, Kamis (18/6/20).

Nadiem menjelaskan, kemitraan dengan layanan hiburan ‘streaming’ kelas dunia tidak bersifat komersial. Artinya, Neflix tidak memungut biaya atas penayangan film-film dokumenter di TVRI tersebut.

“Neflix mendukung program “Belajar Dari Rumah” guna mencegah penularan covid-19 di kalangan anak sekolah. Film dokumenter tersebut diharapkan bisa membuka wawasan anak selama masa liburan sekolah,” ujarnya.

Film dokumenter Neflix akan ditayangkan perdana pada Sabtu (20/6/20) pada pukul 21.30 WIB. Tayang ulang akan disiarkan setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB. Tayangan itu akan disiarkan secara terestrial TVRI.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk membantu peserta didik, orangtua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” kata Nadiem menegaskan.

Nadiem mengemukakan, pihaknya juga membuka kerja sama dengan mitra-mitra kelas dunia lainnya dalam menghadirkan materi pendidikan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk pertama kalinya di dunia, perusahaan kelas dunia mau bekerja sama pemerintah untuk menayangkan film dokumenter terbaiknya melalui siaran televisi. Kami harap upaya ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk memperluas wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan dan menghibur,” katanya.

Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix Bela Bajaria mengatakan, Netflix menawarkan beragam jenis pilihan tayangan, termasuk film-film pemenang penghargaan, serial televisi untuk anak-anak dan keluarga, serta tayangan dokumenter.

“Kami harap makin banyak masyarakat Indonesia dapat mengakses dan menikmati tayangan dokumenter Netflix Original,” ujarnya.

Beberapa dokumenter pembelajaran Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah antara lain “Our Planet”, “Street Food: Asia”, “Tidying Up with Marie Kondo”, “Spelling the Dream”, “Chasing Coral” dan “Night on Earth”. Film dokumenter itu ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Bela juga berharap masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan usia dapat ikut belajar dan terinspirasi oleh alam yang sangat menakjubkan saat menyaksikan dokumenter “Our Planet” dan “Night on Earth”. Selain cerita tentang kegigihan penjelajah dalam dokumenter “Spelling the Dream” dan “Street Food: Asia”.”

Seperti diberitakan sebelumnya, program Belajar dari Rumah melalui televisi berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, penumbuhan karakter, serta perluasan wawasan kebudayaan.

Kemdikbud sangat terbuka terhadap konten positif, baik dari Indonesia maupun mancanegara sebagai bentuk gotong royong pembelajaran di masa darurat. (Tri Wahyuni)