Suara Karya

Dukung Program MBKM, APP Sinar Mas Kenalkan Industri Pulp dan Kertas

JAKARTA (Suara Karya): Guna mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkenalkan industri pulp dan kertas berkelanjutan.

Dukungan itu berupa pelaksanaan Program Kolaborasi Kepemimpinan bagi 44 mahasiswa magang dari berbagai universitas.

“Lewat program MBKM ini, kami ingin mahasiswa dapat pengalaman kerja di di lapangan, sekaligus mendalami industri pulp dan kertas yang berkelanjutan,” kata Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata di Jakarta, Sabtu (20/8/22).

Dijelaskan, industri pulp dan kertas merupakan salah satu industri strategis nasional. Data Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) tahun 2020 dan 2021 menunjukkan, saat ini Indonesia berada di peringkat 1 ASEAN, peringkat 3 untuk pulp dan peringkat 4 untuk kertas di tingkat Asia.

Prestasi lainnya adalah peringkat 8 untuk pulp dan peringkat 6 untuk kertas di tingkat dunia dengan kontribusi 3,84 persen untuk GDP non migas.

Program magang yang berlangsung selama 18 Agustus hingga 23 Desember 2022 itu diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi peserta program dalam bidang pulp dan kertas.

“Kami harap mahasiswa yang telah menyelesaikan program magang di APP Sinar Mas memiliki wawasan dan konsep yang luas bagaimana penerapan industri yang berkelanjutan atau ‘green industry’,” ucap Suhendra.

Salah satu peserta magang dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), jurusan Teknis Sistem dan Industri, Fitri A Simanjuntak mengaku sangat antusias mengikuti fase pertama kegiatan magang ini.

“Saya berharap dapat pengalaman bekerja secara profesional budaya positif perusahaan, selain juga penerapan teori-teori yang sudaj diajarkan di kampus ke dalam dunia kerja,” ungkapnya.

Head HR Academy APP Sinar Mas, Norman Firmansyah mengemukakan, APP Sinar Mas menempatkan 44 mahasiswa peserta program magang di 13 posisi dengan total 17 project. Mereka masuk melalui seleksi yang ketat, karena ada lebih dari 8.000 pendaftar dari 500 lebih universitas.

“Peserta magang akan terlibat langsung dalam project. Mereka akan mendapat pembinaan langsung dari para ahli di bidang masing- masing,” ucap Norman.

Ditambahkan, dalam program Kampus Merdeka, peserta memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih dalam beberapa program APP Sinar Mas, seperti Graduate Trainee Program, Management Trainee Program, maupun posisi lain yang tersedia. (Tri Wahyuni)

Related posts