Dukung Talenta Digital, Ditjen Diktiristek Gelar Pelatihan Pemanfaatan AI Center

0

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menggelar Pelatihan Pemanfaatan AI Center, di Jakarta, Kamis (16/6/22). Pelatihan dibuka Kepala Subbagian Tata Usaha, Setditjen Diktiristek Didi Rustam.

Didi saat membacakan sambutan tertulis Sekretaris Ditjen Diktiristek, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Tjitjik Srie Tjahjandarie menjelaskan, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan bentuk teknologi komputasi yang akan mempermudah berbagai lini kehidupan saat ini atau di masa depan.

“Pelatihan ini merupakan dukungan dan fasilitasi bagi perguruan tinggi untuk pengembangan talenta digital, sehingga lulusannya memiliki daya saing dalam penguasaan teknologi, khususnya AI,” ujarnya.

Sebagai informasi, Dikti AI Center merupakan fasilitas server komputasi berkemampuan tinggi yang berada di Kantor Ditjen Diktitistek, Senayan. Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan secara terbuka oleh perguruan tinggi di Indonesia.

“Fasilitas super komputer yang dimiliki Ditjen Diktiristek ini memiliki kapasitas komputasi sebesar 25 PetaFLOPS. Fasilitas ini sangat mumpuni untuk pengembangan Artificial Intelligence,” kata Didi Rustam.

Pengadaan Dikti AI Centre akan memperkuat penciptaan talenta-talenta AI tingkat nasional melalui berbagai kegiatan pelatihan maupun pendidikan, lewat kerja sama dengan industri dalam kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Fasilitas itu juga bisa digunakan perguruan tinggi dan mitra industri untuk menghasilkan inovasi di bidang teknologi AI, guna menjawab kebutuhan industri maupun masyarakat,” ucap Didi.

Pelatihan Pemanfaatan AI Center diikuti Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) antara lain PUI-PT Smart System Universitas Gadjah Mada, PUI-PT Smart Biomedik Universitas Airlangga, dan PUI-PT Smart City and Community ITB.

Selain itu, pelatihan itu diikuti sejumlah utusan dari berbagai PTN dan PTS antara lain, ITB, UI, Universitas Diponegoro, Universitas Syiah Kuala, Universitas Hasanuddin, Universitas Bina Nusantara, Universitas Bina Darma, Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Politeknik Statistika STIS. (Tri Wahyuni)