Dukung Talenta Digital, Sevima Kembali Tawarkan Beasiswa Semesta 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Sevima kembali menawarkan beasiswa Semesta bagi para peminat bidang IT di seluruh Indonesia. Selain bisa belajar gratis, 50 mahasiswa yang terpilih juga mendapat kesempatan kerja dengan gaji yang sangat layak.

“Dunia saat ini sedang menghadapi revolusi industri ke-4, dimana kemampuan dalam menguasai teknologi menjadi sangat penting,” kata CEO Sevima Sugianto Halim dalam siaran pers, Jumat (11/3/22).

Ditambahkan, beasiswa Semesta secara resmi diluncurkan pada Senin (7/3/22) secara daring. Perluncuran dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, sejumlah menteri, serta puluhan gubernur, walikota, bupati dan kepala lembaga dari seluruh Indonesia.

Sugianto mengutip pernyataan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang mendukung pemberian beasiswa Semesta. Beasiswa itu bermanfaat bagi anak-anak kurang mampu agar bisa menempuh pendidikan tinggi, terutama di bidang IT.

“Ini kesempatan emas bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Karena lulusan bidang IT banyak dicari perusahaan. Mereka bisa langsung kerja setelah lulus. Apalagi Sevima juga menjanjikan kesempatan kerja bagi lulusan Semesta yang memenuhi syarat,” tuturnya.

Ditambahkan, beasiswa Semesta tahun ini dialokasikan untuk 50 lulusan SMA/SMK/MA yang berminat kuliah di bidang IT. Mereka bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang tersebar di seluruh Indonesia dan perguruan tinggi mitra Sevima.

“Total dana yang dialokasikan untuk beasiswa Semesta tahun ini mencapai lebih dari Rp1 miliar,” ujarnya.

Disebutkan perguruan tinggi mitra Sevima, yaitu Universitas Siber Asia, Universitas Insan Cita Indonesia, Universitas Muhammadiyah Siber, serta banyak lainnya. Termasuk PTN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sugianto memaparkan peminat program studi IT sangat tinggi. Data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021 menunjukkan, program studi teknik informatika paling diminati dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pendaftaran beasiswa Semesta sangat mudah. Calon mahasiswa cukup mengisi formulir dan berkas administrasi di website maukuliah.id/beasiswa-semesta. Peserta nantinya akan diseleksi melalui tes berbasis komputer (CBT) dan tes pemrograman (hackaton).

“Pendaftaran dilakukan secara online hingga 30 April 2022,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Ketua PGRI Djoko Adi Waluyo mengungkapkan, urgensi peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk pembangunan. Kemajuan di bidang IT, menurut ketiga narasumber, sudah ditunggu-tunggu masyarakat.

“Lulusan beasiswa Sevima akan berkontribusi dalam meningkatkan SDM Indonesia dan memberi efek positif untuk pembangunan di dalam negeru,” ujar Moeldoko.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga menggarisbawahi pentingnya kompetensi bidang IT dalam mendukung kemajuan di sektor industri lainnya.

“Inilah saatnya melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Beasiswa Semesta akan membentuk SDM Indonesia yang maju dan unggul, serta memberi manfaat bagi kemajuan bangsa di berbagai sektor,” ujar Sandiaga Uno.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kesempatan itu juga para lulusan madrasah untuk tidak melewatkan kesempatan beasiswa Semesta. (Tri Wahyuni)