Edufair SMAN 8 Resmi Ditutup, Beragam Fakultas di UI Jadi Pilihan Menarik di Masa Depan

0

JAKARTA (Suara Karya): Gelaran education fair atau Edufair SMAN 8 Jakarta atau Smandel yag memiliki motto BIG DREAMS, BIG CHOICES dan telah berlangsung sejak Juli 2021 dengan menghadirkan sejumlah pergutuan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi luar negeri (PTLN) serta perguruan tinggi kedinasan, diakhiri dengan paparan tentang berbagai studi di Uiniversitas Indonesia (UI).

Puncak acara Edufair yang berlangsung secara zoom, Jumat siang hingga petang (9/10), diikuti ratusan siswa, orang tua dan guru ini mengambil tema “One Day with Universitas Indonesia”.

Menghadirkan pembicara antara lain Dr. Badrul Munir, Ph.D selaku Direktur Kemahasiswaan UI dan Dr. Gunawan, ST, MT, Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI, dan dilanjutkan dengan paparan dari Fakultas Ilmu Komputer bersama Dr. Dina Chahyati, S.Kom, M.Kom.

Paparan selanjutnya dari Fakultas Hukum, bersama Dr. Yeni Salma Barlinti, SH, S.Hum, MH. Selanjutnya adalah paparan dari Fakultas Teknik bersama Dr.Eng. Arief Udhiarto, ST,MT, IPM, disambung dengan paparan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama ,Muhammad Hafiizh, ME dan acara Edufair ini ditutup dengan paparan dari Fakultas Kedokteran bersama Dr. dr. Murti Andriastuti, SpA(K).

Tak lupa pada sesi-sesi tersebut para pembicara berdampingan bersama para alumni SMAN 8 Jakarta yang bercerita tentang suka duka kuliah dan memberikan support kepada semua adek kelasnya untuk tetap semangat mencapai cita-cita lulus perguruan tinggi impian mereka, yaitu Universitas Indonesia.

Seperti Edufair sebelumnya, hari ini pun dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Dra Rita Hastuti, MPd dan Ketua Komite SMAN 8, Junito Ahmad Haryono yang tak lelah, selalu semangat dalam memotivasi semua anaka didiknya.

Kemudin sambutan dari perwakilan orang tua SMAN 8 Jakata Angkatan 2022 yang tergabung dalam Fondasi 22 yaitu Dyah Farmasita selaku Ketua Fondasi 22 dan Henny Suryani selaku Ketua Panitia Edufair tahun 2021.

Apresiasi LTMPT.

Menariknya lagi event penutupan ini, bertindak sebagai Keynote Speech adalah Ketua Pelaksana Ekskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto.

Beliau mengapresiasi atas suksesnya pelaksanaan Edufair tahun 2021 yang sudah menghadirkan 22 (dua puluh dua) Perguruan Tinggi Negeri maupun Sekolah Kedinasan di Indonesia yang artinya para siswa bersama orang tua sudah memahami program studi yang dimiliki oleh perguruan tinggi yang telah diundang dan tak kalah penting karir apa kedepan setelah lulus dari Perguruan Tinggi Negeri tersebut.

Budi Prasetyo berpesan bahwa semua siswa dapat memilih program studi sesuai dengan passion masing-masing. Artinya pilihan siswa yang lebih utama, peran orang tua adalah mendampingi secara baik dan tidak memaksakan pilihan program studi perguruan tinggi kepada putra-putrinya. Beliau juga menginformasikan bahwa LTMPT telah merilis Top 1000 SLTA berdasarkan nilai UTBK tahun 2020 dan 2021, dan SMAN 8 Jakarta mendapatkan urutan kedua di tingkat DKI, dan urutan ke 3 secara nasional.

“Sayaberharap prestasi ini dapat dipertahankan. Beliau juga menyatakan kesiapan LTMPT sudah siap mendamping para rektor perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk melaksanakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN tahun 2022,” kata Budi Prasetyo.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh orang tua dan siswa siswi SMAN 8 Jakarta baik kelas 10, 11, dan utamanya adalah kelas 12, dilakukan secara daring dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat melalui Youtube.

Harapan dari acara pamungkas edufair ini agar semua siswa Rajawali Emas 2022 maupun angkatan setelahnya akan lebih bersemangat, jeli dan teliti dalam menentukan pilihan universitas terbaiknya dan mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dalam mencapai mimpi-mimpi dan cita-cita besar mereka. Dan juga dapat menginspirasi semua siswa yang menyaksikan Edufair melalui kanal Youtube untuk tidak pernah berhenti dalam menggapai ilmu setinggi-tingginya. (Pramuji)