EdWG G20 Ditutup, Delegasi Kunjungi Borobodur dan Prambanan

0

JAKARTA (Suara Karya): Pertemuan perdana G20 Education Working Group (EdWG) yang dipimpin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada 16-18 Maret 2022 di Yogyakarta, diakhiri dengan kunjungan ke situs warisan dunia, yaitu candi Borobudur dan Prambanan.

Setelah rangkaian pertemuan antarnegara selama 3 hari, delegasi G20 berkesempatan untuk melihat matahari terbit di Borobudur (18/3/22) yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

Delegasi juga berkunjung ke Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia dan terbesar kedua di Asia Tenggara.

Dalam kunjungan ke-2 candi tersebut, Ketua G20 EdWG yang juga Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemdikbudristek, Iwan Syahril menunjukkan kepada delegasi EdWG bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran dan selalu mengedepankan gotong royong.

“Kami juga memperkenalkan para delegasi tentang kekayaan budaya dan karakter bangsa Indonesia yang terbentuk sejak dahulu kala,” tutur Iwan.

Selain itu, delegasi juga diajak melihat dan mengalami langsung unsur kebudayaan yang ada di Yogyakarta dan Magelang.

Iwan berharap, delegasi bisa terinspirasi dari budaya gotong royong bangsa Indonesia yang tercermin lewat sejarah, pengetahuan, dan filosofi yang ditemukan dalam kunjungan ke Borobudur dan Prambanan.

“Hal itu sejalan dengan kepemimpinan Kemdikbudristek pada G20 EdWG, yaitu mendorong semangat gotong royong dalam menciptakan pendidikan berkualitas bagi Indonesia dan dunia,” kata Iwan menandaskan. (Tri Wahyuni)