Energi Panas Bumi Nasional Masih Dikuasai Asing

0

JAKARTA (Suara Karya): Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menggelar diskusi dengan tema “Peran Pertamina Sebagai Lokomotif Pengembangan Kearifan Lokal Panas Bumi di Indonesia”.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden FSPPB Arie Gumilar mengatakan, perkembangan panas bumi di Indonesia saat ini memang masih cukup mengkhawatirkan,  dimana penguasaan  perusahaan negara melalui tangan BUMN masih sekitar 38 persen.

“Artinya sekitar 62 persen masih dikuasai oleh swasta. Padahal menurut UUD 1945 sudah mengamanatkan bahwa semestinya cabang-cabang produksi yang penting menguasai hajat orang banyak itu dikuasai oleh negara,” kata Arie di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Selain itu, Arie juga berharap dengan adanya pergantian menteri BUMN periode 2019-2024, bisa lebih berorientasi kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Arie juga menjelaskan mengenai gugatan FSPPB ke Mahkamah Konstitusi, terkait Undang-Undang No 31 tentang Pemberantasan Tindakan Pidana Korupsi, telah diputuskan tidak lulus pleno, sehingga gugatan tersebut tidak dilanjutkan kepenelitian lebih lanjut.

Padahal menurut Arie, pihaknya telah menyerahkan dan memperbaiki materi tersebut. Dengan demikian FSPPB akan mencari jalan lain, agar investasi di BUMN tidak gampang untuk dikriminalisasi. (Pramuji)