Faber-Castell Kembali Gelar Lomba Gambar di 37 Kota

0

JAKARTA (Suara Karya): Perusahaan alat tulis dan gambar, Faber-Castell kembali menggelar lomba gambar dan prakarya bareng keluarga tingkat nasional bertajuk “Faber-Castell Family Art Competitions 3”. Lomba akan berlangsung selama Oktober 2019 hingga April 2020.

“Dan hadiah utama untuk lomba tahun ini adalah liburan ke Disneyland Hongkong,” kata Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen dalam keterangan pers, di Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Khamim, Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SD, Khairullah dan Public Relations Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Andri Kurniawan.

Richard menjelaskan, hadiah utama selalu diberikan dalam bentuk liburan ke luar negeri untuk membuka wawasan para siswa tentang kehidupan di negara lain. Diharapkan anak semakin terbuka dengan perubahan dan berpikir lebih maju.

“Negara yang dituju setiap tahun dibuat berbeda-beda. Kompetisi pertama ke Singapura, kedua Thailand dan ketiga ke Hongkong,” tuturnya.

Ditambahkan, Faber-Castell Family Art Competitions mendapat apresiasi yang bagus di masyarakat. Jumlah peserta lomba tahun lalu mencapai 39.202 di 35 kota. “Tahun ini diharapkan ada sekitar 42 ribu pendaftar lomba. Karena jumlah kota penyelenggara ditambah dari 35 menjadi 37 kota,” ujarnya.

Richard mengatakan, Faber-Castel Family Art Competitions berbeda dengan lomba gambar pada umumnya. Karena lomba itu melibatkan anak dan keluarga (ibu atau bapaknya). Mereka berdua mewarnai gambar dan membuat prakarya secara bersama.

Menurut Richard, lewat kompetisi seni semacam ini akan terjalin kebersamaan antara anak dan keluarganya, karena komunikasi terus terjadi saat mewarnai gambar dan membuat prakarya seni. Ini sejalan dengan semangat yang diusung Faber-Castell lewat “My Wonderful Family”.

“Semoga lomba seni dapat memberi nilai positif bagi banyak keluarga,” kata Richard seraya menambahkan kegiatan lomba juga selaras dengan kampanye yang sedang diusung Faber-Castell lewat tagar #Art4All yaitu seni bisa dinikmati semua jenjang umur.

Direktur Pembinaan SD Kemdikbud, Khamim berharap kota penyelenggara dapat diperluas lagi agar kompetisi dapat menjangkau lebih banyak siswa SD kelas 1-4 di Indonesia. “Jika memungkinkan kotanya dibuat secara bergiliran. Sehingga lomba bisa menjangkau lebih banyak siswa,” ucapnya.

Karena diakui Khamim, tak banyak kalangan swasta yang membuat lomba gambar seperti dilakukan Faber-Castell. Kesempatan lomba seni gambar yang bisa diikuti siswa terbilang minim.

“Kami menaruh harapan pada swasta, terkait program CSR (Corporate Social Responsibility) bisa dipergunakan untuk buat lomba-lomba seni ini di daerah-daerah,” katanya menegaskan.

Terkait pelaksanaan lomba, Public Relations Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Andri Kurniawan menjelaskan, setiap lomba di satu kota akan memilih pemenang 1-3 hingga harapan. Para juara tersebut akan dapat hadiah uang tunai dan produk.

“Untuk para juara pertama antar kota, karyanya akan dikompetisikan per area, yang terbagi atas Sumatera, Jawa dan Indonesia Timur. Dari 37 karya juara pertama antar kota akan dipilih 8 pemenang nasional yang akan berlibur ke Hongkong pada September/Oktober 2020,” katanya.

Hadiah tersebut, lanjut Andri, tak hanya berlaku bagi para juara tetapi juga keluarga. Karena mereka pergi berlibur didampingi satu orang dari keluarganya. “Ini akan memberi kenangan bersama anak dan keluarganya. Berkat kreativitas anak yang dilatih sejak kecil, bisa membawa orangtua keluar negeri,” katanya. (Tri Wahyuni)