
JAKARTA (Suara Karya): Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada, Aisah Indati meminta orangtua untuk memberi perhatikan lebih pada anak di masa keemasan (golden period) yaitu usia 0-6 tahun. Penanganan yang tepat akan mempengaruhi kecerdasannya saat beranjak dewasa.
“Di masa itu orangtua harus sering mengajak anak untuk bermain. Selain melakukan beberapa stimulasi untuk berkembang optimal,” kata Aisah Indati dalam diskusi media seputar Creative Art Set secara virtual, Selasa (17/11/20).
Ditambahkan, stimulasi yang dilakukan orangtua harus variatif agar hasilnya optimal. Misalkan, stimulasi yang bersifat motorik, emosi, soal serta pengamatan. “Orangtua tak boleh bosan dalam melakukan stimulasi pada anak. Karena hasilnya akan dirasakan ketika anak dewasa,” ujarnya.
Tentang produk Creative Art Series Faber-Castell, Aisah berpendapat, produk tersebut cocok digunakan anak usia pra sekolah hingga anak usia sekolah dasar. Karena dapat menstimulasi perkembangan anak, mulai dari pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.
“Pengamatan yang dimaksud disini, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber-Castell. Ragam warna dan bentuk itu akan memacu inisiatif dan kreativitas anak,” tuturnya.
Dari sisi emosi dan sosial, lanjut Aisah, saat anak bereksplorasi dengan cara mencampur berbagai macam warna, hal itu akan mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak.
“Untuk stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami. Hal itu melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak,” ucapnya.
Hal senada dikemukakan Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen. Katanya, produk Creative Art Set dapat digunakan bersama anggota keluarga, agar kegiatan di rumah saja selama pandemi corona virus disease (covid-19) menjadi lebih menyenangkan.
“Creative Art Set ini sebenarnya untuk anak-anak, tetapi juga bisa digunakan bersama keluarga menjadi kegiatan yang kreatif. Karena tak hanya menggambar dan mewarnai, tetapi juga bisa membuat craft atau prakarya,” ujarnya.
Disebutkan, Faber-Castell Creative Art Set Series terbagi dalam 6 produk, yaitu Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite dan Air Jet Sport Car.
“Lewat produk ini, kami berharap kegiatan yang dilakukan bersama dapat meningkatkan bonding (keakraban) dan interaksi dalam keluarga. Hal itu dapat memgurangi stres karena tidak bisa keluar rumah lama akibat pandemi,” ujarnya.
Hal unik lainnya dari produk Creative Art Series, menurut Richard adalah setiap pembeli berhak mengikuti workshop senilai Rp60 ribu hingga Rp150 ribu per kegiatan secara gratis. Hal itu sebagai bentuk komitmen Faber Castell dalam memberdayakan masyarakat dalam kreasi seni, tak sekadar menjual produk. (Tri Wahyuni)