Fadel Muhammad Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

0

JAKARTA (Suara Karya): Politisi senior Partai Golkar yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad, menyatakan dukungan terhadap Bambang Soesatyo, sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Dikatakan Fadel, dukungan itu diberikan kepada Bambang Soesatyo setelah dilakukan lobi-lobi politik di mana Bambang menjanjikan akan memperkuat fungsi kelembagaan DPD.

Berdasarkan itu lanjut Fadel, dirinya kembali meyakinkan 136 anggota DPD yang mendukungnya maju sebagai ketua MPR agar mengalihkan dukungan ke Bambang.

“Saya sadar, kalau memaksakan maju sebagai Ketua MPR akan tetap kalah karena hanya membawa 138 suara. Padahal ada 500 lebih pemegang hak suara lainnya, dan mayoritas telah mengerucutkan dukungannya untuk Bambang,” kata Fadel kepada Wartawan di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Pada kesempatan terpisah, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan seluruh anggota fraksinya sepakat mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024.

“Jadi (terkait) ketua MPR, fraksi Partai Golkar MPR sudah rapat. Dalam rapat itu dihadiri oleh Pak Fadel Muhammad, sebagai perwakilan DPD,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Sebelumnya, Fadel Muhammad telah terpilih menjadi pimpinan MPR dari unsur DPD. Setelah terpilih, Fadel pun menyampaikan ketertarikannya untuk menjadi Ketua MPR.

Ia mengaku optimistis berpeluang besar menjadi Ketua MPR karena DPD memiliki 136 anggota. Bahkan dia berencana bertemu empat pimpinan parpol, termasuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Pramuji)