DIES NATALIS KE-61 FPUI
Festival dan Apresiasi Resiliensi agar Kita Tumbuh dan Tangguh Bersama

0

JAKARTA (Suara Karya): Meskipun merupakan acara tahunan, penyelenggaraan acara Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia terasa berbeda.

Kali ini adalah tahun ke 2 penyelenggaraan acara Dies Natalis di masa pandemi sehingga menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan secara daring serta diselenggarakan oleh panitia dari alumni 3 angkatan. Tahun ini, penyelenggaranya adalah angkatan 89, 90, dan 91, dimana tahun sebelumnya diadakan oleh angkatan 86, 87, dan 88.

Dengan mengusung Visi Psikologi UI Untuk Indonesia Bangkit, panitia penyelenggara yang terdiri dari para alumni dan civitas akademi dari fakultas Psikologi UI, menetapkan Tema Resiliensi Untuk Negeri pada seluruh bentuk kegiatan Dies Natalis ke-61.

Resiliensi Untuk Negeri dipilih sebagai tema Dies Natalis kali ini dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya resiliensi dalam situasi yang sulit ini.

Resiliensi sendiri adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan bangkit kembali setelah mengalami kejadian yang penuh dengan tekanan, tragedi dan trauma.

Tema ini pun dinilai sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76 tahun 2021, yaitu Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Kegiatan Dies Natalis Ke 61 dimulai diinisiasi sejak bulan April 2021 yang dimulai dengan adanya kegiatan Riset mengenai Resiliensi orang Indonesia yang diadakan pada awal bulan Mei 2021 dengan pengambilan data dilakukan secara daring pada periode akhir Mei hingga awal Juni 2021.

Data diperoleh dari 5817 responden dengan kisaran usia 18 hingga 82 tahun. Responden terdiri dari kelompok profesional (konsultan, pengacara, psikolog, dokter, arsitek, pekerja seni, dan lain-lain), karyawan, guru, dosen, mahasiswa, wirausahawan, tenaga lepas, pekerja di sektor informal, dan ibu rumah tangga yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Mayoritas responden adalah guru, karyawan, dan mahasiswa.

Selanjutnya ada kegiatan PsikoRUN yang melibatkan seluruh alumni, dosen dan tenaga kependidikan untuk menunjukkan Resiliensi terhadap upaya berolahraga secara konsisten guna membangun imunitas tubuh dengan melakukan jalan kaki, berlari maupun bersepeda selama 1 bulan penuh sejak tanggal 15 Juni – 15 Juli 2021, sambil berdonasi sesuai jumlah kilometer yang telah ditempuh untuk kepentingan Beasiswa adik-adik mahasiswa Psikologi UI dalam program Beasiswa Pelangi Akademos. Tantangan demi tantangan diberikan pada peserta, baik tantangan individual maupun kelompok, pada 543 peserta dari 45 angkatan dengan total pencapaian seluruh peserta 51.105 KM (setara dengan 10x jarak Aceh – Papua).

Dari awalnya yang merasa malas berolahraga, kini semua peserta ingin acara ini hadir tiap tahunnya. Hal ini tertampil saat acara Talk Show maupun Penutupan acara PsikoRun.

Puncak Dies Natalis ke-61

Puncak Acara Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2021 dengan adanya pemaparan Orasi Ilmiah secara daring oleh Deputi IV Kemenko PMK RI yang dihadiri ratusan peserta dari dalam maupun luar negeri dengan suasana yang hangat dan bersahabat serta saling mendorong untuk menunjukkan ketangguhan kita menghadapi pandemi ini.

Kegiatan Riset ditindaklanjuti dengan acara webinar Resiliensi selama bulan Juli – Agustus 2021 yang terbagi menjadi 4 sesi yang sesuai dengan hasil riset dan dihadiri oleh 2.398 orang peserta dengan berbagai penanggap ahli yang terkait dengan well-being guru, dosen dan mahasiswa, UMKM, maupun well-being karyawan di masa pandemi.

Antusiasme peserta menyebabkan panitia membuat upaya tindak lanjut dari sesi webinar tersebut yaitu dengan mengadakan Lokalatih Resiliensi selama bulan Agustus 2021 untuk guru dan mahasiswa.

Selain webinar yang terkait dengan riset, panitia juga membuat webinar berbayar untuk melayani kebutuhan korporasi atau perusahaan dengan para pembicara dari alumni Fakultas Psikologi UI yang berjumlah 25 orang.

Tanggapan dari para perusahaan ternyata di luar perkiraan dimana telah dan akan diselenggarakan 49 lebih sesi webinar yang bekerjasama dengan 11 perusahaan. Kegiatan ini merupakan penggalangan dana untuk membiayai kegiatan lainnya dan memberi kontribusi lebih kepada fakultas.

Tidak berhenti sampai kegiatan webinar, panitia menyelenggarakan apresiasi terhadap perilaku Resiliensi di seluruh Indonesia, baik sebagai pribadi atau komunitas, melalui kisah inspiratif yang mereka sampaikan dalam bentuk narasi atau video.

Ternyata banyak sekali peminat yang mendaftarkan dengan memberikan kisah inspiratifnya hingga 80 kisah inspiratif yang terkumpul selama penyelenggaraan di bulan Agustus 2021. Setelah dilakukan kurasi, terdapat 20 kisah yang dilanjutkan penilaiannya oleh dewan juri dan menghasilkan 8 kisah inspiratif terpilih yang disampaikan dalam acara Festival Resiliensi. Hal ini juga tidak berhenti sebatas hasil penjurian, semua kisah inspiratif akan dikompilasi dan dibuatkan program yang bekerjasama dengan media televisi untuk menularkan semangat Resiliensi kepada seluruh anak bangsa di sekitar kita, baik di dalam atau luar negeri.

Adapun acara pemuncak yang diadakan hari ini, Sabtu, 21 Agustus 2021 adalah acara Festival Resiliensi yang dihadiri hampir 1000 orang peserta yang terdiri dari alumni, civitas akademika maupun para undangan.

Dengan mengusung tag line Jatuh, Yuk Bangkit Lagi!, Festival Resiliensi memberikan apresiasi pada Tokoh Resiliensi yang dipilih dari 80 kandidat yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, Festival Resiliensi juga adalah perayaan untuk kita semua yang telah resilien menghadapi pandemi ini. Festival menyajikan keseruan para alumni Fakultas Psikologi UI, talkshow interaktif, dan kuis dengan hadiah menarik. Keseruan ini juga dilengkapi dengan hadirnya bintang tamu spesial Parodi Komedi by Chaplin – The Entertainer.

Dalam sambutannya, Isdar Andre Marwan, S.Psi., Psikolog, selaku Ketua Panitia Dies Natalis Ke 61 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyatakan, “Semoga kegiatan ini dapat ditindaklanjuti oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada para stakeholder anak bangsa di seluruh Indonesia melalui kerjasama dengan para alumninya”.

“Tidak terbayangkan sebelumnya kegiatan Dies Natalis di masa pandemi ini dapat sedemikian meriah dan mendapat tanggapan serta dukungan yang luar biasa dari berbagai kalangan. Tema yang diajukan sesuai dengan semangat sebagai bangsa Indonesia yang Tangguh dan Tumbuh untuk bangkit dari pandemi ini.

Kolaborasi antar panitia serta dukungan berbagai pihak menampilkan hasil kerja yang istimewa. Terima kasih atas semua kerja keras dari panitia dan semua pihak yang telah membantu. Semoga kerja sama ini dapat terus dipupuk. Warga Fakultas Psikologi UI dapat terus bersinergi dengan para alumni menghasilkan karya-karya untuk membantu meningkatkan daya dan kekuatan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia”, demikian yang diutarakan Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A. (Pramuji)