FFI 2020 Harus Tetap jadi Ajang Kreatif Meski Digelar di Masa Pandemi

0
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. (suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggelar Festival Film Indonesia (FFI). Pelaksanaan FFI 2020 agak berbeda, karena digelar secara daring dan inovasi baru dalam rangkaian acaranya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim berharap kalangan sineas, pelaku industri film serta penggiat komunitas film di Tanah Air untuk tetap kreatif, meski ada pandemi corona virus disease (covid-19).

“Pandemi mengajarkan kita untuk tetap bergerak dan berdaya, melihat segala peluang dengan memadukan kreativitas dan menyebarkannya lewat teknologi,” kata Mendikbud dalam keterangan pers secara daring, Selasa (16/6/20).

Ditambahkan, film Indonesia telah menjadi bagian dari hidup masyarakat. Selama 2019 misalkan, ada 158 film cerita panjang berkualitas. Jumlah tersebut belum termasuk film pendek, dokumenter, animasi dan film eksperimental lainnya.

“Film Indonesia sudah menjadi bagian dari hidup kita dan menjadi sumber inspirasi, terutama dalam menghadapi situasi sulit. Perannya sangat penting dalam menjaga kita agar tetap optimis dan bahagia,” ucapnya.

Mendikbud berharap pelaksanaan FFI 2020 bisa menjadi wadah kalangan sineas, industri film dan komunitas penggiat film untuk terus semangat berkarya. FFI bisa menjadi medium pemajuan kebudayaan.

“Lewat gotong royong kreativitas, perfilman Indonesia pasti bisa melalui masa sulit dan bangkit menjadi lebih maju lagi,” kata Nadiem menegaskan.

Ketua Komite FFI 2020 yang juga aktor Lukman Sardi mengemukakan, FFI 2020 sebenarnya telah diluncurkan secara resmi pada Minggu (14/6/20). Perhelatan tersebut mengusung tema “Satu Hari Satu Hal Baik Film Indonesia”.

“Selain sebagai ajang silaturahmi akbar virtual pekerja seni, budaya, dan kreasi, peluncuran FFI 2020 juga menjadi momentum dimulainya di media sosial dengan hashtag “SatuHariSatuHalBaikFilmIndonesia”,” ujarnya.

Lukman menilai sangat penting mengadakan FFI meski ditengah pandemi covid-8. “Karena di saat seperti inilah, semangat kita harus terus menyala dan tidak boleh berhenti berkarya.”

Seperti tahun-tahun sebelumnya, agenda utama FFI 2020 adalah penjurian, peluncuran, malam nominasi, malam penganugerahan dan pemutaran film. Inovasi baru dalam penyelenggaraan FFI 2020, yaitu akademi film yang sarat unsur pendidikan dan konser musik film.

Rangkaian FFI 2020 akan berlangsung mulai 14 Juni hingga Desember 2020, dengan penganugerahan Piala Citra sebagai puncak acaranya.

Masyarakat dapat mengikuti sejumlah kegiatan FFI yang dipublikasikan dalam akun YouTube resmi milik Kemendikbud, BudayaSaya, TV Edukasi dan Festival Film Indonesia, serta akun Twitter, Facebook, dan Instagram Pusbangfilm dan Festivalfilmid. (Tri Wahyuni)