FKG UI Gelar Pemeriksaan Gigi Gratis

0

JAKARTA (Suara Karya): Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI) menggelar pemeriksaan dan konsultasi gigi di arena car free day, di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (28/7/2019).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi UI Dr. Mochamad Fahlevi Rizal mengatakan,  acara ini terselenggara berkat kerja sama dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia DKI Jakarta, dan Tim Pengabdi Masyarakat Departemen Ilmu Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi UI.

Dikatakan Rizal, kegiatan yang bertema “Senyum Jakarta Sehat” itu menerjunkan sekitar 100 dokter gigi. Diharapkan, kegiatan ini dapat mengeduksi masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, Rizal juga mengimbau untuk pencegahan kerusakan gigi atau karies masyarakat dapat membatasi konsumsi makanan manis dan rutin melakukan pemeriksaan dan perbaikan gigi.

Hal senada juga di ungkapkan Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta Dr. Eva Fauziah. Menurutnya, acara ini adalah sebagai upaya FKG UI untuk mendukung program pemerintah “Indonesia Bebas Karies Tahun 2030” dan meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya kesehatan gigi pada anak.

Eva menjelaskan bahwa idealnya seorang anak mengunjungi dokter gigi sekurangnya 6 bulan sekali. Tetapi pada fase pertumbuhan gigi tetap sekitar 7 sampai 12 tahun, sebaiknya kunjungan ke dokter gigi dilakukan lebih cepat antara 3 atau 4 bulan sekali, sebab pada fase tersebut gigi susu akan   tanggal dan digantikan oleh gigi tetap. (Pramuji)