FSPPB Minta Jokowi Jangan Kambing Hitamkan Pertamina

0

JAKARTA (Suara Karya): Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) membantah pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut PT Pertamina (Persero) melakukan monopoli bisnis avtur. Hal tersebut dituangkan ratusan anggota dalam aksi yang dilakukan di depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Presiden FSPPB Arie Gumilar, menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang justru mengkambing hitamkan Pertamina atas mahalnya tiket pesawat.

Bukan itu saja lanjut Arie,  Pertamina juga dituding telah melakukan monopoli terhadap penjualan avtur. Padahal Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sendiri telah menyatakan bahwa harga Avtur tidak berdampak langsung bagi harga tiket pesawat.

Arie menambahkan harga avtur dalam beberapa periode terakhir justru menunjukkan tren pelemahan karena harga minyak dunia yang juga turun. Oleh sebab itu dia menyesalkan pernyataan itu yang seakan-akan malah menyudutkan Pertamina.

“Kami menduga ada pihak-pihak tertentu yang berencana memanfaatkan situasi kisruh harga avtur untuk mengkerdilkan peran Pertamina dalam melayani distribusi energi di seluruh bandara dalam negeri,” kata Arie.

Dia berharap, masyarakat  memahami bahwa bukan avtur penyebabnya (tiket pesawat naik). Karen harga avtur Pertamina sudah sangat kompetitif, nomor 3 paling murah di Asia Tenggara. (Andara Yuni)