Gandeng IDI dan Halodoc, Protelindo Donasikan 2 Ribu APD

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) mendonasikan lebih dari 2 ribu Alat Pelindung Diri (APD) untuk pencegahan corona virus disease (covid-19) bagi tenaga kesehatan Indonesia. Bantuan tersebut disalurkan melalui organisasi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan Halodoc.

Direktur PT Protelindo, Indra Gunawan menyerahkan bantuan secara simbolik kepada Ketua Umum IDI, Daeng M Faqih di Jakarta, Jumat (17/4/20).

Indra menjelaskan, bantuan diberikan dalam bentuk APD, karena produk tersebut yang paling dibutuhkan tenaga kesehatan saat ini. Dalam menjalankan tugasnya, tenaga kesehatan harus mendapat perlindungan maksimum agar kemampuannya dalam merawat pasien covid-19 semakin optimal.

“Perang melawan covid-19, tidak bisa dilakukan pemerintah sendirian. Perlu bantuan dari banyak pihak, termasuk kalangan swasta. Lewat penanganan yang optimal, diharapkan pandemi covid-19 bisa enyah dari bumi Indonesia,” tuturnya.

Indra menjelaskan, bantuan berupa 2 ribu unit APD atau protective suit, 2 ribu unit face shield dan 100 unit portable sink disalurkan melalui IDI, karena merekalah yang tahu kebutuhan alat-alat tersebut di rumah sakit.

“Bantuan kami berikan ke IDI dan platform ekosistem kesehatan Halodoc, yang mulai didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di berbagai daerah sejak awal April 2020 lalu,” katanya.

Ditambahkan, bantuan didistribusikan segera dengan harapan dapat mengisi kekosongan APD di rumah sakit. Apalagi, saat itu jumlah pasien positif covid-19 bertambah secara signifikan. “Kelangkaan APD di awal covid-19 juga menimbulkan kematian di kalangan dokter dan perawat. Kami turut berduka cita,” katanya.

Ketua Umum IDI, Daeng M. Faqih pada kesempatan yang sama memberi apresiasi kepada Protelindo, perusahaan pembuat tower komunikasi nomor satu di Indonesia atas bantuan yang diberikan. Bantuan tersebut sangat berarti bagi tenaga kesehatan, mengingat pandemi covid-19 akan berlangsung lama.

“Kami berharap donasi semacam ini juga dilakukan perusahaan swasta lainnya. Sehingga makin banyak tenaga kesehatan kita yang terlindungi saat menjalankan tugasnya dalam merawat pasien covid-19,” katanya.

Disebutkan, donasi APD dari Protelindon disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Jakarta yaitu RSAL Mintohardjo, RSUD Pasar Minggu, RS Fatmawati, RSUD Cengkareng, RS Persahabatan, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, RS Sulianto Saroso, RS UI, Kep Dept Anastesi, RS Kramat 128, RS St Carolus, RSU UKI, RSUD Pasar Rebo, RSUD Tarakan, BBTKL dan beberapa Puskesmas di Jakarta.

Selain rumah sakit, Protelindo juga mendistribusikan pelindung wajah (face shield) ke beberapa rumah sakit di Jawa Tengah dan Jogjakarta, yaitu Panti Rapih Group, RS Emanual, Banjarnegara dan beberapa rumah sakit serta puskesmas di area tersebut.

Protelindo juga mendistribusikan APD, masker dan termometer ke rumah sakit yang ada di area Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau dengan jumlah lebih dari 30 rumah sakit dan 25 Puskesmas di Indonesia. Protelindo akan melanjutkan program donasi untuk mendukung para petugas dan fasilitas kesehatan.

CEO Halodoc Jonathan Sudharta dalam kesempatan terpisah juga memberi apresiasi atas gerakan donasi yang dilakukan Protelindo. Semoga langkah yang dilakukan perusahaan tersebut dapat membantu memgurangi kasus penularan covid-19 di Tanah Air. (Tri Wahyuni)