Gandeng Joe Taslim, Lion Parcel Dukung Pelaku UMKM ‘Go Global’

0

JAKARTA (Suara Karya): Perusahaan jasa ekspedisi Lion Parcel (PT Lion Express) akan menjembatani perekonomian Indonesia dengan membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk ‘go global’. Salah satunya, memperluas layanan pengiriman yang tak hanya menjangkau wilayah domestik, tetapi juga interpack.

“Layanan Lion Parcel saat ini sudah menjangkau 7 kota, yakni Singapura, Malaysia, Hanoi, Hong Kong, Bangkok, Manila dan Taipei,” kata Chief Marketing Officer (CMO) Lion Parcel, Kenny Kwanto dalam peluncuran Brand Ambassador Lion Parcel, di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Menurut Kenny, pihaknya memberi perhatian pada UMKM karena selama ini menjadi penopang perekonomian di Indonesia. Untuk itu, mereka perlu didukung agar bisa tumbuh dan berkembang

Bukti nyata dukungan Lion Parcel terhadap UMKM, diwujudkan melalui kerja sama dengan beberapa instansi seperti UKM Mendunia Foundation, Kopira, Kadin Indonesia, Kemenko Perekonomian, APEDI, Desa Sejahtera ASTRA dan masih banyak lagi.

“Jika pelaku usaha mikro dapat tumbuh dan berkembang, maka perekonomian Indonesia juga terdorong naik. Kami berupaya menjadi mitra yang aman dan terpercaya bagi masyarakat,” katanya.

Untuk itu, lanjut Kenny, pihaknya menggandeng aktor Joe Taslim sebagai Brand Ambassador Lion Parcel, sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia.

“Kehadiran Joe Taslim sebagai brand ambassador diharapkan memberi gambaran bagi masyarakat Indonesia bahwa Lion Parcel ingin menjadi solusi logistik yang aman dan terpercaya,” katanya.

Kenny menjelaskan, Joe Taslim dipilih karena telah menjadi figur publik yang mengharumkan nama Indonesia di ranah internasional. Hal itu sejalan dengan salah satu misi Lion Parcel, yang ingin menjembatani perekonomian Indonesia dengan mendukung pelaku UMKM untuk “go global”.

“Kami ingin membawa UMKM Indonesia bisa “go global” dan unjuk gigi di tingkat dunia. Dan Joe Taslim dipercaya bisa memberi contoh,” katanya.

Senada dengan Kenny, Brand Ambassador Lion Parcel, Joe Taslim, memiliki pandangan yang sama. Karena di saat pertumbuhan ekonomi sedang melemah akibat pandemi covid-19, maka hal yang pertama harus digalakkan adalah membeli produk lokal dari pelaku UMKM.

“Kemampuan Lion Parcel mengirim barang ke luar negeri, menjadi solusi logistik untuk UMKM yang ingin melakukan import, tetapi bingung urusan dokumentasinya,” kata pria yang akrab dipanggil Joeta.

Guna menarik pelaku bisnis UMKM, Kenny menambahkan, Lion Parcel mulai 3 Mei 2021 menggelar promo khusus untuk harga pengiriman antar kota, seperti dari Jabodetabek ke Jabodetabek, Bandung ke Bandung, Malang ke Malang, atau Surabaya ke Surabaya.

“Kami juga ada promo harga pengiriman dengan biaya yang sangat murah, mulai dari Rp4,500 untuk antar kota. Nantinya, masyarakat bisa merasakan promo ini dengan mengirim paket mereka via agen Lion Parcel. Kami harap inovasi ini memberi manfaat lebih bagi masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Kenny mengungkapkan, Lion Parcel mencatat pertumbuhan transaksi yang cukup signifikan selama kuartal I 2021 dibandingkan dengan kuartal I pada tahun sebelumnya. “Catatan transaksi itu relatif baik di tengah melemahnya pertumbuhan ekonomi nasional di masa pandemi covid-19,” ujarnya.

Di tengah melemahnya perekonomian nasional, Lion Parcel berhasil mencatat kenaikan transaksi sekitar 30 persen di kuartal I 2021. Pertumbuhan itu meningkat, jika dibandingkan kuartal I 2020. Lion Parcel menargetkan kenaikan transaksi 100 persen hingga akhir tahun 2021.

“Kenaikan angka itu didukung transaksi dari para mitra agen Lion Parcel. Hal itu dibuktikan oleh inovasi produk-produk Lion Parcel yang selalu mengedepankan kebutuhan masyarakat,” tutur Kenny.

Disebutkan, antara lain, program SIKAT (Setengah Kilo Hemat) dan BIGPACK dengan pengiriman khusus diatas 10 kilogram, yang keduanya diluncurkan pada awal Ramadan dan dibuat atas dasar kebutuhan masyarakat.

Selain itu, transaksi dari aplikasi Lion Parcel yang terus mengalami peningkatan. Hal ikut memberi peran terhadap kenaikan pada kuartal I ini. Hingga kuartal satu tahun 2021 transaksi Lion Parcel melalui aplikasi meningkat hingga 155 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ditambahkan, Lion Parcel terus fokus mengembangkan aplikasi untuk memberi kemudahan bagi para pelanggan. Diantaranya, fitur free pick up. Kurir Lion Parcel memprioritaskan pada penjemputan, meski hanya 1 paket. Sehingga pelanggan dapat memastikan paket yang dikirim sampai ke tujuan.

Lion Parcel kembali memberi gratis ongkos kirim untuk pengguna baru aplikasi. Mulai 3 Mei, bagi pengguna baru yang mendaftar ke aplikasi Lion Parcel bisa mendapat saldo senilai Rp 10.000 dengan memasukkan kode referral “BERANIDIANDELIN”. Saldo tersebut digunakan untuk transaksi pengiriman. (Tri Wahyuni)