Gandeng KBI, Garudafood Beri Bantuan ke Masyarakat Terdampak Covid-19

0

JAKARTA (Suara Karya): Garudafood donasikan puluhan ribu karton produk ke masyarakat terdampak corona virus disease (covid-19). Bantuan disalurkan lewat organisasi kemanusiaan Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI).

“Bantuan kali ini fokus untuk masyarakat terdampak covid-19, seperti ojek online, supir taksi, pemulung, panti sosial dan panti disabilitas serta masyarakat di sekitar kantor pusat dan pabrik Garudafood,” kata Head of Corporate Communication & Relations Garudafood, Dian Astriana dalam siaran pers, Jumat (8/5/20).

Dian menjelaskan, bantuan berupa 34 karton produk buatan Garudafood itu disalurkan ke masyarakat secara berkala, guna menghindari kerumuman massa. Hal itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk pencegahan penularan covid-19.

“Proses penyalurannya dilakukan secara gotong royong. Selain KBI, kami juga berkoordinasi dengan pabrik Garudafood seluruh Indonesia, komunitas lokal, kepala desa, ketua RT/RW hingga jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan setempat,” ujarnya.

Sebelumnya, Garudafood mendonasikan 5.620 karton produk mamin buatannya untuk tenaga medis dan relawan, yang berada di garda terdepan dalam melawan wabah pandemi covid-19 di Tanah Air.

“Bantuan ini merupakan komitmen perusahaan membantu masyarakat yang terdampak covid-19. Karena tak ada satu orang pun yang menyangka pandemi akan berlangsung lama di Indonesia dan dunia,” ucapnya.

Ditegaskan, bantuan diberikan tanpa memandang suku, agama dan ras tertentu baik dari sisi mitra eksekutor distribusi bantuan maupun kelompok masyarakat penerima bantuan.

“Semua kami rangkul, termasuk KBI yang memiliki visi yang sama. Kami sudah bermitra dengan KBI cukup lama, hampir dua dasawarsa dalam setiap bencana yang terjadi di Indonesia,” kata Dian.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Buddhayana Indonesia, Amin Untario mengemukakan, pihaknya sudah membangun posko KBI Peduli Dampak Covid-19 di 24 provinsi di Indonesia. Pendirian posko untuk membantu pemerintah mengatasi situasi sulit akibat covid-19.

“Berbagai kegiatan kemanusiaan telah dilakukan, mulai dari pembagian nasi bungkus, sembako, masker kain, penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer, tempat cuci tangan dan program edukasi ke masyarakat yang sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Ditambahkan, KBI telah membantu Garudafood dalam distribusi bantuan di 6 provinsi yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. “Dalam situasi sulit saat ini, penting untuk tetap semangat, mawas diri, gotong royong dan saling membantu dengan sesama,” kata Amin menandaskan.

Sebagai informasi, Garudafood saat ini memproduksi dan menjual produk mamin dengan lima merek unggulannya yaitu Gery, Garuda, Chocolatos, Leo dan Clevo. Produk tersebut meliputi biskuit, kacang, pilus, keripik, confectionery, minuman susu dan serbuk coklat. Garudafood melakukan penjualan ekspor ke lebih 20 negara dengan fokus pada negara di ASEAN, China dan India. (Tri Wahyuni)