Suara Karya

Ganjar Muda Padjadjaran Tularkan Semangat Gotong Royong di Kabupaten Karawang

JAKARTA (Suara Karya): Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) menginisasi gerakan positif melalui bakti sosial bebersih lingkungan dan ngobrol perkara iman (ngopi) di wilayah Dusun Turisari, Desa Mekarmaya, Kec. Cilamaya Wetan, Kab. Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/2/2023).

Aksi sukarelawan pendukung Ganjar tersebut mendapat respons positif dari kawula muda dan masyarakat setempat.

Meski dengan peralatan seadanya, mereka bahu membahu membersihkan jalanan hingga selokan dari sampah dan rumput liar yang kerap mengganggu aktivitas masyarakat. Bahkan, gotong royong juga dilakukan di area Masjid Nurul Mubin Dusun Turisari, Desa Mekarmaya.

“Tadi ada acara berbakti atau bebersih lingkungan kami membersihkan bersama masyarakat Dusun Turisari disini untuk sama-sama bergotong royong menjaga lingkungan,” ucap Koordinator Nasional GMP, Rendra Wibawa Setiawan.

Langkah ini, lanjut Rendra, merupakan bukti nyata GMP terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat dalam rangka menebar kebermanfaatan, salah satunya mengajarkan pentingnya hidup rukun dan membangun semangat gotong royong.

“Ini tidak pure bicara kampanye, tapi kami lebih ingin membangun nilai, di sini kita coba membangun nilai gotong royong. Insyaallah gotong royong ini adalah semangat besar bangsa ini,” jelas Rendra.

Rendra memproyeksikan GMP bakal terus menggaet para kawula muda di Jawa Barat untuk berkreasi dan berinovasi, merancang berbagai program demi menjawab segala persoalan di masyarakat.

“Seperti kami nanti mau bikin kelompok petani di daerah Garut, terus di desa-desa lain kita ada program untuk memberikan pelatihan digital marketing, dan juga kami ada apresiasi terhadap hansip,” tegas Rendra.

Selain bebersih lingkungan, masyarakat Desa Mekarjaya juga diajak mengikuti kajian islam, dan doa bersama bertajuk ngobrol perkara iman (ngopi) bersama Ust. Ray Syahreza.

Kurang lebih puluhan masyarakat dari berbagai desa ambil bagian dalam acara keagamaaan tersebut.

Rendra menyebut, kegiatan ini bertepatan dengan peringatan satu abad Nahdatul Ulama (NU), sebagai organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia.

Menurut dia, aksi gotong royong ini juga sejalan dengan tagline dari NU, yakni Merawat Jagad, Membangun Peradaban.

Didi Suryadi (56) tokoh masyarakat setempat mengaku senang adanya anak-anak muda pendukung Ganjar yang aktif menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Sungguh kami sangat mengucapkan banyak terima kasih kemudian sangat antusias sekali masyarakat (atas kehadiran GMP) ini baik dari kalangan pemudanya, maupun orang tuanya,” kata Didi. (Warso)

Related posts