Garudafood Rancaekek Gelar Edukasi Pangan lewat Dongeng

0
Foto : (suarakarya.co.id/istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Garudafood unit Rancaekek Sumedang, Jawa Barat menggelar edukasi keamanan pangan melalui dongeng bagi ratusan anak yatim yang menghadiri acara buka puasa bersama. Diharapkan, anak memahami arti keamanan pangan bagi kesehatan.

“Kami ingin waktu ngabuburit (menunggu waktu berbuka) diisi dengan kegiatan yang informatif untuk anak. Mengingat, edukasi keamanan pangan semacam itu tidak diajarkan di sekolah,” kata Head of Factory Garudafood Rancaekek, Bandung, Felly Linawati dalam acara buka puasa bersama anak yatim, di Rancaekek Sumedang, Jawa Barat, Selasa (21/5/2019).

Pilihan informasi disampaikan lewat bahasa dongeng, menurut Felly, karena hal itu terasa menyenangkan bagi anak. Sehingga informasi yang disampaikan melalui dongeng akan tertanam kuat di pikiran anak.

“Sesuatu yang disampaikan secara menyenangkan, hasilnya akan lebih baik. Tak hanya ilmunya yang dapat, tapi juga berkah puasanya,” ucap Felly.

Lewat edukasi keamanan pangan, lanjut Felly, anak dapat mengubah kebiasaan hidupnya menjadi lebih sehat. Misalkan, adab cuci tangan sebelum makan, cuci tangan setelah buang air kecil atau besar, membaca label pada kemasan dan cermat sebelum mengonsumsi makanan,” tuturnya.

Melalui mendongeng, kami mengharapkan mereka dapat mudah memahami dan mengaplikasikan di kehidupan sehari-sehari, misalnya adab mencuci tangan sebelum makan, teliti membaca label pada kemasan produk, cermat sebelum mengonsumsi makanan dan lain sebagainya,’ ujar Felly Linawati, Head of Factory Garudafood Rancaekek ditemui di sela acara.

Ditambahkan, kegiatan buka puasa bersama anak yatim dapat terselenggara berkat dukungan bersama seluruh karyawan Garudafood unit Rancaekek Sumedang. Santunan diberikan setiap minggu kepada anak yatim dari berbagai wilayah di Jawa Barat selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan bukber juga ikut mempererat tali silahturahmi antar karyawan. Momentum bagi para pihak untuk berbenah diri menjadi manusia yang lebih baik,” ucap Felly.

Kegiatan buka bersama diakhiri dengan kunjungan ke proses produksi Clevo, salah satu produk Garudafood di kategori minuman susu. Anak diajak untuk melihat proses penerimaan bahan baku, quality control, pasteurisasi, pengemasan hingga produk sampai ke tangan konsumen. (Tri Wahyuni)